
DESKRIPSI KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB PADA SISWA KELAS 2-B SDN 027 KARUNGAN
Pengarang : Margiana Dewi Yuliani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskrisikan karakter disiplin dan tanggung jawab pada siswa kelas 2-B SDN 027 Karungan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Fokus dalam penelitian ini adalah karakter disiplin dan tanggung jawab siswa kelas 2-B SDN 027 Karungan. Sumber data dalam penelitian ini berupa data primer dan data skunder dengan informan yaitu guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, adapun pada penelitian ini peneliti menggunakan observasi non partisipan, selanjutnnya teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, adapun teknik wawancara ini menggunakan wawancara semi struktur dan yang terakhir dokumentasi, adapun dokumentasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu dokumentasi resmi, serta menggunakan teknik analisis data kualitatif melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter disiplin dan tanggung jawab pada siswa kelas 2-B sudah berjalan dengan baik, karakter disiplin dan tanggung jawab penting untuk diajarkan pada siswa sekolah dasar. Faktor penyebab kurangnya disiplin dan tanggung jawab pada siswa kelas 2-B SDN 027 Karungan dapat dipengaruhi oleh faktor internal, seperti adanya rasa malas dalam diri siswa itu sendiri. Adapun penyebab kurangnya disiplin dan tanggung jawab dipengaruhi oleh faktor eksternal, seperti dari keluarga dan lingkungan masyarakat.
Kata Kunci : Karakter, disiplin, tanggung jawab.
The purpose of this study was to describe the characteristics of discipline and responsibility in class 2-B students at SDN 027 Karungan. This type of research employs descriptive qualitative methods. The objective of this study is the discipline and responsibility of grade 2-B students at SDN 027 Karungan. This study's data sources include primary and secondary data collected from informants, specifically teachers and students. The data collection technique used in this research is observation, while in this study researchers used non-participant observation. The data collection technique used is interviews, while this interview technique uses semi-structured interviews, and finally documentation. At the same time, the documentation used in this study is official documentation and uses qualitative data analysis techniques through the process of data reduction, data presentation, and conclusion. The results showed that the character of discipline and responsibility in class 2-B students has been running well; the character of discipline and responsibility is important to be taught to elementary school students. The factors causing the lack of discipline and responsibility in class 2-B students of SDN 027 Karungan can be influenced by internal factors, such as laziness in the students themselves. The causes of the lack of discipline and responsibility are influenced by external factors, such as family and community environment. Keywords: character, discipline, responsibility.