
Problematika Siswa Kelas VI Dalam Menerapkan Nilai Pancasila Sila Pertama “Ketuhanan Yang Maha Esa” Di SDN 010 Tanjung Palas Timur
Pengarang : Nursyafika Adha - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Problematika Siswa Kelas VI Dalam Menerapkan Nilai Pancasila Sila Pertama “Ketuhanan Yang Maha Esa” Di SDN 010 Tanjung Palas Timur Tahun Ajaran 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data dari penelitian ini diambil dari Orang Tua, guru kelas VI dan siswa kelas VI di SDN 010 Tanjung Palas Timur, peneliti menganalisis menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara.Teknik analisis data kualitatif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tentang Problematika Siswa Kelas VI Dalam Menerapkan Nilai Pancasila Sila Pertama “Ketuhanan Yang Maha Esa” Di SDN 010 Tanjung Palas Timur, dimana siswa kurang memiliki motivasi untuk membaca Al-quran ketika di rumah, siswa juga kurang memiliki motivasi untuk menyiapkan seragam sekolahnya, dan siswa juga kurang memiliki motivasi datang kesekolah dengan tepat waktu, siswa kurang memiliki rasa percaya diri tampil di depan kelas untuk menyampaikan pendapatnya, siswa memiliki kebiasaan belajar yang kurang baik, dimana siswa suka memilih teman yang pintar untuk berkelompok dengannya, sehingga membuat siswa sering berkelahi dengan temannya. faktor ekternal yaitu penyediaan sarana dan prasarana yang kurang memadai dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Problematika, Pancasila, Ketuhanan Yang Maha Esa
This study aims to explore the challenges faced by sixth-grade students in applying the first principle of Pancasila, "Belief in the One and Only God," at SDN 010 Tanjung Palas Timur during the 2024/2025 academic year. The research is qualitative, employing a descriptive qualitative method. Data sources for this study were gathered from parents, sixth-grade teachers, and students at SDN 010 Tanjung Palas Timur. The researcher collected data through three main techniques. observation and interviews. The qualitative data analysis process included data reduction, presentation, and conclusion. Based on the findings, several challenges were identified among sixth-grade students in applying the values of the first principle of Pancasila, including reluctance to study and read the Quran at home, laziness in preparing school uniforms, consistent tardiness, shyness when speaking in front of the class, a tendency to form groups with academically strong students, and frequent conflicts with peers. These issues are attributed to internal factors such as poor study habits, lack of motivation, and low self-confidence. Additionally, students struggled to practice prayer at school due to external factors, primarily the lack of adequate facilities and infrastructure to support the learning process Keywords: Challenges, Pancasila, Belief in the One and Only God