
Perancangan PLTS Pada Traffic Light Simpang Empat Berbasis Time Scheduling Menggunakan PLC
Pengarang : Obbie Ramdan - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Indonesia memiliki potensi besar dalam pemanfaatan energi terbarukan, terutama energi surya, dengan intensitas sinar matahari harian rata-rata 1.200 W/m². Kondisi ini ideal untuk Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), terutama yang beroperasi secara mandiri (PLTS Off-Grid). Sementara itu, sistem lampu lalu lintas, meskipun penting dalam pengaturan arus kendaraan, masih banyak menggunakan waktu tetap yang tidak efisien ketika volume kendaraan bervariasi. Untuk mengatasi ini, diusulkan sistem pengendali adaptif berbasis PLC (Programmable Logic Controller) dengan metode time scheduling. Pada jam sibuk, seperti pukul 07:00 hingga 09:00, durasi lampu hijau diperpanjang untuk menyesuaikan dengan volume kendaraan yang lebih tinggi. PLC menyesuaikan waktu nyala lampu secara real-time, merespons kondisi lalu lintas dengan cepat. Pada jam sibuk sore 16:00 hingga 17:00, siklus total lampu lalu lintas adalah 199 detik dengan rincian sebagai berikut arah Selatan memiliki waktu tunggu 147 detik dengan 48 detik lampu hijau, arah Utara menunggu 165 detik dengan 30 detik lampu hijau, arah Timur menunggu 166 detik dengan 29 detik lampu hijau, dan arah Barat menunggu 120 detik dengan 75 detik lampu hijau. Lampu kuning menyala selama 3 detik di semua arah, dan terdapat jeda 1 detik merah sebelum pergantian antar simpang. Penyesuaian ini membantu mengurangi kemacetan dan meningkatkan kelancaran lalu lintas sepanjang hari.
Kata kunci : Energi terbarukan, PLTS, PLC, traffic Light, scheduling.
Indonesia has great potential in utilizing renewable energy, especially solar energy. with an average daily sunlight intensity of 1,200 w/m². This condition is ideal for Solar Power Plants (PLTS), especially those operating independently (Off-Grid PLTS). Meanwhile, the traffic light system, although important in regulating vehicle flow, still uses a lot of fixed time which is inefficient when vehicle volume varies. To overcome this, an adaptive control system based on PLC (Programmable Logic Controller) with a time scheduling method is proposed. During peak hours, such as 07:00 to 09:00, the duration of the green light is extended to accommodate the higher vehicle volume. The PLC adjusts the light on time in real-time, responding quickly to traffic conditions. During the afternoon rush hour from 16:00 to 17:00, the total cycle of traffic lights is 199 seconds with the following details: South direction has a waiting time of 147 seconds with 48 seconds of green light, North direction waits 165 seconds with 30 seconds of green light, East direction waits 166 seconds with 29 seconds of green light, and West direction waits 120 seconds with 75 seconds of green light. The yellow light is on for 3 seconds in all directions, and there is a 1-second red break before the changeover between intersections. This adjustment helps reduce congestion and improve traffic flow throughout the day. Keywords: Renewable energy, PLTS, PLC, traffic Light, scheduling