Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng Bimoli Di Kecamatan Tarakan Tengah | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng Bimoli Di Kecamatan Tarakan Tengah

Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng Bimoli Di Kecamatan Tarakan Tengah

Pengarang : Nur Zabania - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, dan citra merek terhadap keputusan pembelian minyak goreng bimoli di Kecamatan Tarakan Tengah 2) variabel apa saja yang paling dominan dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli minyak goreng bimoli di Kecamatan Tarakan Tengah. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden, teknik penentuan sampel menggunakan Non-probability Sampling, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik quota sampling. Hasil penelitian di analisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda didapatkan persamaan Y = 0,805 + 0,354X1 + 0,360X2 + 0,128X3 + e. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,542 pada koefisien determinasi berarti 54,2%. Berarti bahwa variabel bebas mempengaruhi variabel terikat sebesar 54,2%. Secara simultan (uji F) sebesar 37,806, nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05yang menunjukkan bahwa variabel bebas berpengaruh signifikan serta berhubungan positif terhadap variabel terikat. Secara parsial (uji t) faktor yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian yaitu variabel kualitas produk (X1) dengan nilai thitung sebesar 3,744 dengan nilai signifikan 0,000 dan variabel harga (X2) dengan nilai thitng sebesar 3,951dengan nilai signifikan 0,000. Secara dominan variabel kualitas produk dan variabel harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian minyak goreng bimoli di Kecamatan Tarakan Tengah.

Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga Citra Merek, Keputusan Pembelian

This study aims to (1) determine the effect of product quality, price, and brand image on the purchase decision of Bimoli cooking oil in Tarakan Tengah Subdistrict, and (2) identify the most dominant variable influencing purchase decisions. The research adopts a quantitative approach. The population consists of consumers who purchase Bimoli cooking oil in Tarakan Tengah Subdistrict, with a sample size of 100 respondents selected using a non-probability sampling method, specifically quota sampling. The data were analyzed using multiple linear regression analysis. The regression equation derived from the analysis is Y= 0.805 +0.354X1+0.360X2+0.128X3+. The coefficient of determination (R) is 0.542. indicating that 54.2% of the variation in the dependent variable can be explained by the independent variables. The F-test result is 37.806 with a significance value of 0.000 < 0.05, showing that the independent variables collectively have a significant and positive influence on the dependent variable. Partial t-test results indicate that the most influential factors on purchase decisions are product quality (X1), with a t-value of 3.744 and a significance level of 0.000, and price (X2), with a t-value of 3.951 and a significance level of 0.000. Among these, price is the most dominant variable affecting the purchase decision of Bimoli cooking oil in Tarakan Tengah Subdistrict. Keywords: Product Quality, Price, Brand Image, Purchase Decision

Detail Informasi