Analisis Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Cafe Galileo Di Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Cafe Galileo Di Kota Tarakan

Analisis Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Cafe Galileo Di Kota Tarakan

Pengarang : Muhammad Rizky Wahyudi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Dalam penelitian ini, terdapat masalah terkait waktu penyajian makanan yang terlalu lama dan harga yang lebih tinggi dibandingkan pesaing. Jika waktu penyajian dapat dipersingkat dan harga disesuaikan, maka tingkat kepuasan pelanggan di Cafe Galileo dapat meningkat. Tujuan penelitian 1. mengetahui pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan di Cafe Galileo 2. mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Cafe Galileo 3. mengetahui pengaruh secara simultan harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Cafe Galileo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi masyarakat yang pernah berkunjung ke Cafe Galileo. Data dikumpulkan melalui kuesioner menggunakan purposive sampling dengan 50 responden. Analisis data meliputi uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, regresi linear berganda, uji f, uji t, dan koefisien determinasi (R²).Hasil analisis data menunjukkan persamaan regresi linier berganda Y = 3,347 + 0,049 X1 + 0,974 X2. Nilai R2 dalam variabel harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan adalah sebesar 100%. Hasil uji t menunjukkan bahwa harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan koefisien 0,049 dan signifikansi 0,001. Hasil Uji t menunjukkan bahwa kualitas pelayanan juga berpengaruh signifikan dengan koefisien 0,974 dan signifikansi 0,001. Uji f menunjukkan bahwa harga dan kualitas pelayanan simultan berpengaruh signifikan dengan nilai f hitung 244379,514 dan signifikansi 0,001 < 0,05.

Kata Kunci: Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

In this research, there are problems related to food serving times that are too long and the prices which are higher than competitors. If the serving time shortened and the price adjusted, then the level of customer satisfaction at Galileo Cafe can increase. The research objectives are: (1) knowing the effect of price on customer satisfaction at Cafe Galileo (2) knowing the influence of service quality on customer satisfaction at Galileo Cafe (3) knowing the simultaneous influence of price and service quality on customer satisfaction at Galileo Cafe. This research used a quantitative method with the of people who have visited Galileo Cafe. Data was collected through a questionnaire by using purposive sampling with 50 respondents. Data analysis included validity tests, reliability, classical assumptions, multiple linear regression, f test, t-test, and coefficient of determination (R). The results of data analysis showed that the multiple linear regression equation Y 3.3470.049 X1+0.974 X2. The R2 value in the price and service quality variables on customer satisfaction was 100%. The results of 1- test showed that price had a significant effect on customer satisfaction with a coefficient of 0.049 and a significance of 0.001. The results of t-test showed that the quality of service also had a significant effect with a coefficient of 0.974 and a significance of 0.001. The f-test showed that the price and quality of simultaneous services had a significant effect with an f-value of 244379.514 and a significance of 0.0010.05. Keywords: Price, Service Quality, Customer Satisfaction

Detail Informasi