Pengembangan Media Pembelajaran Infografis Matematika Pada Materi Program Linear Kelas XI SMA Muhammadiyah Boarding School Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Pembelajaran Infografis Matematika Pada Materi Program Linear Kelas XI SMA Muhammadiyah Boarding School Tarakan

Pengembangan Media Pembelajaran Infografis Matematika Pada Materi Program Linear Kelas XI SMA Muhammadiyah Boarding School Tarakan

Pengarang : Okta Arianti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Infografis yang layak sebagai media pembelajaran matematika siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Boarding School Tarakan pada materi program linear. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang dilakukan di SMA Muhammadiyah Boarding School Tarakan kelas XI. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Pada model ADDIE terdiri 5 tahapan secara keseluruhan, namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Tahap pengembangan dilakukan dengan pembuatan Infografis, validasi oleh ahli isi atau materi, media, atau desain pembelajaran, serta uji coba yang dilakukan sebanyak 2 tahapan yaitu uji coba kelompok kecil terhadap 6 orang siswa, dan uji lapangan dilakukan terhadap 16 orang siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa Infografis yang dikembangkan berdasarkan validasi ahli materi memperoleh rata-rata skor 3,83 dan persentase kelayakan 95,75% dengan kriteria sangat layak, validator ahli media memberikan skor rata-rata 3,5 dan persentase kelayakan 87,5% dengan kriteria sangat layak. Dan validator ahli desain pembelajaran memberikan skor rata-rata 4,0 dan presentase kelayakan 100% dengan kriteria sangat layak. Maka hasil dari penelitian lapangan, Infografis telah memenuhi penilaian pengukuran sasaran produk. Sehingga Infografis dapat dikatakan layak untuk digunakan sebagai perangkat belajar tambahan siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Boarding School Tarakan.

Kata Kunci: Infografis, Model Pengembangan ADDIE, Media Pembelajaran Matematika

This study aims to develop an infographic as a viable learning medium for teaching linear programming to 11th-grade students at SMA Muhammadiyah Boarding School Tarakan. The research is a developmental study conducted at SMA Muhammadiyah Boarding School Tarakan with 11th-grade students. The development model used is the ADDIE model, which consists of five stages:Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. However, this researchonly covers the development stage. The development phase included the creation of the infographic, followed by validation by content, experts, and instructional design experts. The trials were conducted in two stages: a small group trial with six students and a field trial with sixteen students. The analysis results showed that the infographic, based on expert validation, received an average score of 3.83 and feasibility percentage of 95.75%, categorized as highly feasible. Media experts provided an average score of 3.5 with a feasibility percentage of 87.5%, also categorized as highly feasible. The validation results from the learning design expert validator gave an average score of 4.0 and a feasibility percentage of 100%, categorized as highly feasible. Moreover, the field research confirmed that the infographic met the product target evaluation criteria, making it a suitable additional learning tool for 11th-grade students at SMA Muhammadiyah Boarding School Tarakan. Keywords: Infographic, ADDIE Development Model, Mathematics Learning Media

Detail Informasi