
Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Karakter Berkebhinekaan Global Pada Siswa Kelas IV-B SDN 005 Tarakan
Pengarang : Hilda Pratiwi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Karakter Berkebhinekaan Global Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Kekayaan Budaya Indonesia Bagi Siswa Kelas IV-B SDN 005 Tarakan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SDN 005 Tarakan dengan melibatkan guru dan peserta didik. Sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu guru dan peserta didik sementara untuk data sekunder yaitu profil sekolah, visi misi dan administrasi dalam proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif yang digunakan adalah teknik analisis Interaktif Miles & Huberman yang terdiri dari tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas IV-B SDN 005 Tarakan telah melaksanakan perannya yaitu: (1) Teladan, telah memperagakan atau mencontohkan bentuk pendidikan karakter yang baik, hal ini dapat dibuktikan secara langsung yaitu peserta didik sudah menerapkan perilaku sopan santun seperti membungkukkan badan, menyalimi guru, bertutur kata yang baik dan berpakaian yang rapi. Hal ini terjadi karena sopan santun sangat penting dalam berinteraksi sehingga sopan santun yang peneliti temukan pada diri peserta didik dapat dipicu dengan adanya peran guru sebagai teladan yang mencontohkan cara membangun sikap dan perilaku yang sopan untuk membaca karakter berkebhinekaan global pada diri peserta didik. (2) Fasilitator, selama proses pembelajaran berlangsung guru sangat memperhatikan masing-masing kebutuhan peserta didiknya. Salah satunya yaitu guru telah memfasilitasi peserta didik dalam belajar secara efektif melalui gotong royong dengan membentuk kelompok kecil yang berinteraksi dan bekerja sama tanpa memandang kriteria tertentu. Hal ini Bertujuan untuk menumbuhkan rasa empati, mengurangi diskriminasi toleransi dan membangun sikap peduli terhadap peserta didik lainnya. Peran guru dapat memberi keuntungan dalam meningkatkan interaksi sosial antar peserta didik sehingga mendorong kesejahteraan dalam proses belajar.
Kata Kunci: Peran Guru, Karakter Berkebhinekaan Global, SDN 005 Tarakan
This study aimed to describe the Role of Teachers in Instilling Global Diversity Character Values in the Subject of SCIENCES on the Material of Indonesian Cultural Whealth of student of Grade IV-B SDN 005 Tarakan. This type of research used qualitatif descriptive research. The research was conducted at SDN 005 Tarakan, involving teachers and students, while secondary data is the school profile, vision, mission, and administration of the learning process. Data collection techniques were interviews, observation, and documentation. The qualitative data analysis technique was the Milles & Huberman interactive analysis technique, which consisted of data reduction, data presentation, and conclusion. The results of the study indicated that the class IV-B teacher of SDN 005 Tarakan has carried out this role. (1) The role model has demonstrated or exemplified a from of good character education; this can be proven directly, that students have implemented polite behavior such as bowing, shhaking hands with the teacher, speaking well and dressing neatly. This happens because politeness is very important in interacting, so the politeness that researchers find in students can be triggered by the role of teachers as role models who exemplify how to build polite attitudes and behaviors to read the character of global diversity in students. (2) Facilitator: During the learning process, the teacher pays close attention to the need of each of his students. One of them is that teacher has facilitated studens’ learing effectivelythrough cooperation by forming small grous that interact and work together without considering certain criteria. This aims to foster a sense of empathy, reduce discrimination and tolerance, and build a caring attitude towards other students. The role of teachers can provide benefits in increasing social interaction between students to encourage well-being in the learning process. Keywords: Teachers’ Role, Global Diversity Character, SDN 005 Tarakan