Deskripsi Nilai Karakter Mandiri Dalam Profil Pelajar Pancasila Pada Siswa Kelas IV-B Di SD Negeri 031 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Deskripsi Nilai Karakter Mandiri Dalam Profil Pelajar Pancasila Pada Siswa Kelas IV-B Di SD Negeri 031 Tarakan

Deskripsi Nilai Karakter Mandiri Dalam Profil Pelajar Pancasila Pada Siswa Kelas IV-B Di SD Negeri 031 Tarakan

Pengarang : Muttaqin - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Pendidikan karakter mandiri penting dalam pembentukan karakter siswa yang bertanggung jawab terhadap proses dan hasil belajar, sesuai dengan elemen Profil Pelajar Pancasila yang diterapkan melalui Kurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai karakter mandiri dalam Profil Pelajar Pancasila pada siswa kelas IV-B di SD Negeri 031 Tarakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan angket. Informan penelitian terdiri dari siswa kelas IV-B, guru kelas, dan guru koordinator P5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Subjek S1, dengan tingkat kemandirian tinggi, telah menunjukkan kesadaran diri dan regulasi diri yang baik dalam mengenali potensi, mengelola emosi, dan bertanggung jawab atas pembelajaran. Subjek S2, dengan tingkat kemandirian sedang, memiliki kesadaran diri yang cukup baik namun masih memerlukan bimbingan dalam pengelolaan emosi dan kemandirian. Subjek S3, dengan tingkat kemandirian rendah, masih menghadapi kesulitan dalam mengenali potensi diri dan mengatur emosi. Penerapan nilai karakter mandiri dalam Profil Pelajar Pancasila pada siswa kelas IV-B di SD Negeri 031 Tarakan telah berjalan cukup baik, meskipun masih memerlukan cara peningkatan terutama dalam aspek regulasi emosi dan pengendalian diri siswa. Oleh karena itu, penguatan elemen kesadaran diri dan regulasi diri perlu terus diupayakan untuk mendukung terbentuknya karakter mandiri sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.

Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila, Sekolah Dasar

Independent character education is important in forming the student character that is responsible for the learning process and outcomes, in accordance with the elements of Pancasila Student Profile implemented through the Independent Curriculum. This study aimed to describe the values of independent character in Pancasila Student Profile in class IV-B students at SD Negeri 031 Tarakan. This study used a descriptive qualitative approach with data collection methods through observation, interviews, and questionnaires. The research informants consisted of class IV-B students, teachers, and P5 coordinator teachers. The results showed that S1 subjects, with a high level of independence, had shown good self-awareness and self-regulation in recognizing potential, managing emotions, and taking responsibility for learning. Then, S2 subjects, with a moderate level of independence, had a fairly good level of self-awareness but still need guidance in managing emotions and independence. The last was S3 subjects, with a low level of independence, still faced difficulties in recognizing their potential and regulating their emotions. The implementation of independent character values in Pancasila Student Profile to students in class IV-B at SD Negeri 031 Tarakan had gone quite well, although it still needs to be improved, especially in the aspects of emotional regulation and student self-control. Therefore, strengthening the elements of self-awareness and self-regulation needs to continue to be attempted to support the realization of independent character in accordance with Pancasila Student Profile. Keywords: Independent Curriculum, Pancasila Student Profile, Elementary School

Detail Informasi