
Pengaruh Kemudahan Penggunaan Mobile Banking Dan Konten Media Sosial Bersponsor Terhadap Perilaku Konsumtif Dengan Literasi Keuangan Sebagai Moderasi (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Borneo Tarakan)
Pengarang : Emita Sirri - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemudahan penggunaan mobile banking dan konten media sosial bersponsor terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dengan literasi keuangan sebagai moderasi studi pada mahasiswa jurusan manajemen angkatan 2021-2023 Universitas Borneo Tarakan. Pemilihan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan menggunakan rumus slovin yang diperoleh sebanyak 195 responden. Analisis dengan regresi SEM-PLS dengan alat bantu aplikasi WarpPLS versi 8.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan mobile banking dan konten media sosial bersponsor berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa, literasi keuangan tidak memoderasi hubungan antara kemudahan penggunaan mobile banking dan konten media sosial bersponsor terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Implikasi teoritis ini mendukung teori perilaku keuangan untuk mengurangi perilaku konsumtif.
Kata Kunci: Kemudahan Penggunaan Mobile Banking, Konten Media Sosial Bersponsor dan Perilaku Konsumtif
This study aimed to determine the effect of ease of use mobile banking and sponsored social media content on student consumptive behavior with financial literacy as a moderation study of Management Departement Student of 2021-2023 at Borneo Tarakan University. Sample selection uses probability sampling techniques using the Slovin formula with 195 respondents. The analysis using SEM-PLS regression with application tools Warp PLS version 8.0. The study result indicated that it is easy to use mobile banking and sponsored social media content has a significant positive effect on student consumption behavior, financial literacy does not moderate the relationship between ease of use mobile banking and sponsored social media content on student consumer behavior. This theoretical implication supports behavior finance theory in reducing consumer behavior. Keywords: Ease of Use Mobile Banking, Sponsored Social Media Content, Financial Literacy and Consumptive Behavior