
Pengaruh Number Sense Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Tanjung Selor
Pengarang : Syarifah Hamidah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh number sense terhadap hasil belajar matematika siswa kelsa IX di SMP Negeri 1 Tanjung Selor sehingga guru dapat merencanakan pembelajaran dari karakteristik number sense yang mereka miliki. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IX di SMP Negeri 1 Tanjung Selor sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh dengan jumlah 249 siswa, Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana di mana kemampuan number sense siswa sebagai X dan hasil belajar matematika siswa sebagai Y. Berdasarkan analisis data diperoleh model persamaan linier regresi sederhana Ŷ = 25,529 + 0,465X di mana jika kemampuan number sense siswa nol maka hasil belajar matematika siswa 25,529 dan selanjutnya jika kemampuan number sense meningkat sebesar 1 satuan maka hasil belajar siswa akan naik sebesar 0,465. Kemudian dengan menggunakan R square diperoleh nilai sebesar 0,279, yang berarti pengaruh number sense sebesar 27,9% terhadap hasil belajar matematika. Dengan demikian number sense adalah salah satu variabel yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Number Sense, Regresi Linear Sederhana
The purpose of the research was to determine the effect of number sense on mathematics learning results of ninth grade students in SMPN 1 Tanjung Selor, so that teachers can design the instruction from the characteristics of number sense. The population of the research was all ninth-grade students in SMPN 1 Tanjung Selor. A total of 249 students were sampled using the saturated sample technique. The data analysis technique used was simple linear regression analysis where the students' number sense ability as X and students' mathematics learning results as Y. Based on data analysis, a simple linear regression equation model Ŷ = 25.529 + 0.465X is obtained where if the student number sense ability is zero then the student mathematics learning results are 25.529 and then if the number sense ability increases by 1 unit then the student learning results will increase by 0.465. Then by using R square, a value of 0.279 is obtained, which means that the effect of number sense is 27.9% on mathematics learning results. Therefore, number sense is one of the variables that affect students' mathematics learning results. Kaywords: Mathematics Learning Results, Number Sense, Simple Linear Regression