Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Verbal Kelas XI Di SMA Negeri 2 Nunukan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Verbal Kelas XI Di SMA Negeri 2 Nunukan

Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Verbal Kelas XI Di SMA Negeri 2 Nunukan

Pengarang : Melinda - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Bullying verbal merupakan perilaku yang dilakukan secara sadar oleh individu ataupun kelompok baik secara sengaja maupun tidak yang mengakibatkan bisa merusak mental seseorang. Di SMA Negeri 2 Nunukan perilaku bullying verbal yang dilakukan siswa yaitu memberikan dan memanggil korban dengan julukan nama, menghina, berkata kasar, mempermalukan, dan mengancam. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk mengurangi perilaku bullying verbal kelas XI di SMA Negeri 2 Nunukan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen yaitu desain penelitian Pre-eksperimental design dengan model One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah 105 siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Nunukan dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 siswa. Pada pemberian pretest pada siswa yang berjumlah 10 siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini terdapat kategori tinggi berjumlah 10 (100%) siswa, dan kategori tinggi pada posttest berjumlah 4 (40%) dan pada kategori sedang pada posttest berjumlah 6 siswa (60%) siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan bantuan software SPPS 25. Berdasarkan analisis data uji hipotesis yaitu analisis Paired sample t-test (parametrik) mendapatkan hasil yaitu sig sebesar 0,001 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk mengurangi perilaku bullying verbal kelas XI di SMA Negeri 2 Nunukan.

Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Bullying Verbal, Role Playing

Verbal bullying refers to behaviors intentionally executed by individuals or groups that cause psychological harm, whether due to conscious or unconscious actions. In SMA Negeri 2 Nunukan, students demonstrate verbal bullying through actions like assigning derogatory names and insults, using inappropriate language, humiliating others, and issuing threats. This research assesses how group guidance employing role-playing techniques reduces verbal bullying among SMA Negeri 2 Nunukan eleventh-grade students. The study uses a quantitative approach, specifically an experimental design called Pre-Experimental Design with a One Group Pretest- Posttest format. Methods for data collection included surveys and documentation. The study's population consists of 105 eleventh graders from SMA Negeri 2 Nunukan, with a sample size of 10 students. Pretest results for these students indicated that all (100%) fell into the high category. In contrast, posttest results revealed that 4 students (40%) remained in the high category and 6 students (60%) transitioned to a medium category. Data analysis was conducted using descriptive and inferential statistics via SPSS version 25. The hypothesis testing, using the Paired Sample t-test, yielded a significance level (sig) of 0.001, which is less than 0.05, leading to the rejection of the null hypothesis (Ho) and acceptance of the alternative hypothesis (Ha). Thus, group guidance and role-playing techniques significantly impact decreasing verbal bullying among eleventh-grade students at SMA Negeri 2 Nunukan. Keywords: Group Guidance, Verbal Bullying, Role Playing

Detail Informasi