Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VA SDN Utama 1 Tarakan Dalam Mata Pelajaran IPA Materi Suhu Dan Kalor Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VA SDN Utama 1 Tarakan Dalam Mata Pelajaran IPA Materi Suhu Dan Kalor Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL)

Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VA SDN Utama 1 Tarakan Dalam Mata Pelajaran IPA Materi Suhu Dan Kalor Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL)

Pengarang : Sartika Tri Wulandari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V-A SDN Utama 1 Tarakan dalam mata pelajaran IPA materi suhu dan kalor menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian merupakan Penelitian Tindak Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada kelas V-A di SDN Utama 1 Tarakan. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah Tes, Observasi dan Dokumentasi. Teknik analisa data pada penelitian ini yaitu hasil penilaian afektif, psikomotorik, dan kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas V-A SDN Utama 1 Tarakan telah meningkat disetiap siklus dari segala jenis aspek. Penggunaan model pembelajaran dalam pelajaran IPA materi suhu dan kalor dapat meningktakan hasil belajar peserta didik aspek kognitif dari rata-rata nilai 70,89 menjadi 88,9. Rata-rata tersebut jika dipresentasekan menjadi 86% dan telah mencapai target dimana lebih dari 75% peserta didik yang memperoleh nilai lebih dari 70. Pada hasil belajar peserta didik aspek afektif dari rata-rata nilai 28% meningkat menjadi 79%. Pada hasil belajar peserta didik aspek psikomotorik juga meningkat, pada siklus I sebesar 46% dan meningkat disiklus II menjadi 79%. Hasil pengamatan sikap peserta didik, dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA.

Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar, Suhu dan Kalor

The purpose of the research was to improve the learning results of the students in class V-A of SDN Utama 1 Tarakan in the science subject on temperature and heat meterials by implementing the contextual teaching and learning (CTL) model. The research that was conducted in class V-A of SDN Utama 1 Tarakan. The techniques of analyxing data were the results of affective, psychomotor, and cognitive assessment. The results showes that the learning outcomes of students in class V-A SDN Utama 1 Tarakan increased in each cycle from all types of aspects. The use of learning outcomes of students in class V-A SDN Utama 1 Tarakan increased in each cycle from all types of aspect. The use of learning models in science subjects on temperature and heat material can increase the learning results of student in the cognitive aspect from an average score of 70.89 to 88.9. this average, when presented, was 86% and has reached the target where more than 75% of students in the physchomotor aspect also increased, in cycle I by 46% and cycle II to 79%. The results of observing the students attitudes have increased from cycle I to cycle II. It can be concluded that the Contextual Teaching and learning (CTL). It can be concluded that the Contextual Teaching and Learning model is able to improve student learning results in science subjects. Keywords: Contextual Teaching and Learning, Learning Outcomes, Temperature and Heat

Detail Informasi