
The Effect Of Word Wall On Students’ Vocabulary Mastery Of Eleven Grade At SMA Negeri 1 Tarakan
Pengarang : Risma Febriyanti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara kosa kata siswa sebelum dan sesudah penerapan Word Wall di SMA Negeri 1 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan pendekatan pre-experimental dan desain one-group pre-test post-test design. Sampel penelitian ini adalah kelas XI D dengan jumlah 34 siswa, sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Tahapan penelitian ini meliputi pre-test, treatment dan post-test. Pada tahap pre-test siswa diminta untuk mengerjakan soal kosa kata dengan jumlah 20 soal. Pada tahapan treatment, siswa diajar dengan menerapkan Word Wall sebagai media pembelajaran. Adapun langkah menggunakan Word Wall adalah mengambil topik yang relevan kemudian memasukkan kedalam template Word Wall. Pada tahap post-test siswa diminta soal kosa kata dengan jumlah 20 soal. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample T-test. Hail penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai siswa antara pre-test dan post-test. Ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata pre-test 65.73 dan post-test 80.00, yang berarti ada peningkatan sebesar 14.264. Hasil uji paired sample T-test dengan nilai sig (2-tailed) diperoleh sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh dari penggunaan Word Wall terhadap penguasaan kosa kata siswa kelas XI D di SMA Negeri 1 Tarakan, maka disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode Word Wall efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Metode ini bisa menjadi referensi bagi guru-guru di SMA Negeri 1 Tarakan untuk diterapkan dalam pembelajaran kosa kata.
Kata Kunci: Word Wall, Penguasaan Kosa Kata Siswa, Bahasa Inggris
This study aims to determine whether there is a significant difference in students’ vocabulary before and after the implementation of Word Wall at SMA Negeri 1 Tarakan. The quantitative research uses a pre-experimental approach with a one group pre-test post-test design. The sample comprises 34 students from Class XI D, selected through purposive sampling. The stages of the study included a pre-test, treatment, and post-test. In the pre-test stage, students were asked to complete 20 vocabulary questions. During the treatment stage, students were taught using Word Wall as a learning medium. The steps to implement Word Wall involved selecting a relevant topic and inserting it into the Word Wall template. In the post-test stage, students were again asked to complete 20 vocabulary questions. Data analysis was conducted using paired sample T-test. The results showed a difference in student scores between the pre-test and post-test, with an average pre-test score of 65.73 and a post-test score of 80.00, reflecting an improvement of 14.264 points. The paired sample T-test results indicated a sig (2-tailed) value of 0.000 < 0.05, demonstrating a significant effect of using Word Wall on the vocabulary mastery of Class XI D students at SMA Negeri 1 Tarakan. Therefore, the null hypothesis (Ho) was rejected, and the alternative hypothesis (Ha) was accepted. The study concludes that the Word Wall method is effective in enhancing students’ vocabulary mastery and can serve as a reference for teachers at SMA Negeri 1 Tarakan in teaching vocabulary. Keywords: Word Wall, Vocabulary Mastery, English Language