Pembinaan Narapidana Seumur Hidup Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pembinaan Narapidana Seumur Hidup Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tarakan

Pembinaan Narapidana Seumur Hidup Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tarakan

Pengarang : Ivana CItalaksana Mai - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Penelitian ini bermaksud menjawab dua pertanyaan terkait Pembinaan Narapidana Seumur Hidup di Lembaga Pemasyarakata Kelas IIA Tarakan. Pertama, Pola Pembinaan Narapidana Seumur Hidup di Lembaga Pemasyarakata Kelas IIA Tarakan. Kedua, Hambatan pelaksanaan pembinaan narapidana seumur hidup di Lembaga Pemasyarakata Kelas IIA Tarakan. Skripsi ini merupakan penelitian empiris atau penelitian lapangan. Skripsi ini menggunakan pedekatan ketentuan hukum dan undang-undang, yakni, Mekanisme Pembinaan Narapidana Seumur Hidup dalam melaksanakan hukuman penjara di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tarakan serta hambatan Pembinaan Narapidana Seumur Hidup dalam pelaksanaan hukuman pada Lembaga Pemasyarakata Kelas IIA Tarakan. Data yang digunakan dalam skripsi ini terdiri dari data primer dan sekunder. Data Sekunder yaitu data yang didapatkan melalui Interview atau Wawancara dan Dokumentasi. Data Sekunder dapat diperoleh dari Buku, Jurnal, Artikel, dan Data-data Internet. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Pembinaan Narapidana Seumur Hidup belum diberikan Pembinaan Kemandirian dan Pembinaan Kepribadian bagi Narapidana Seumur Hidup sebagaimana yang ditentukan dalam Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pembinaan dan Pembimbingan Warga Binaan Pemasyarakatan sehingga Pembinaan Narapidana Seumur Hidup belum berjalan dengan baik. Hambatan Pembinaan Narapidana Seumur Hidup dalam pelaksanaan hukuman di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tarakan yaitu, Aturan Hukum Dalam Pembinaan Narapidana Seumur Hidup, Petugas Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tarakan yang masih kurang, Sarana dan Prasarana, Budaya Hukum, dan Over Kapsitas.

Kata Kunci: Pembinaan, Narapidana Seumur Hidup, Lembaga Pemasyarakatan

This study was conducted to answer two questions about the development of lifc- imprisonment prisoners in Class IIA Tarakan Correctional Institution. First, to recognizc the pattern of life-imprisonment coaching in Class IIA Tarakan Corrcctional Institution. Second, to analyze the obstacles to implementing life- imprisonment coaching at the Tarakan Class IA Correctional Institution. This rescarch is empirical research or ficld research. This research applied the approach of legal provisions and laws, namely, the mechanism of life-imprisonment prisoner development in carrying out prison sentences at the Tarakan Class I1A Correctional Institution and obstacles to life-imprisonment prisoner development in carrying out sentences at the Tarakan Class IIA Correctional Institution. The data used in this rescarch consists of primary and secondary data. Secondary data was collected through interviews and documentation. The data was obtained from books, journals, articles, and the internet. The results of this study indicated that the development of life-imprisonment prisoners has not been given the independence and personality development for life-imprisonment prisoners as specified in Law Number 31 of 1999 concerning the Development and Guidance of Prisoners, so the development of life-imprisonment prisoners has not worked well. The obstacles to the guidance of life-imprisonment prisoners in the implementation of sentences at the Tarakan Class IIA Penitentiary were the rule of law in the guidance of life-imprisonment prisoners, the lack of Class IIA Tarakan penitentiary officers, facilities, infrastructure, legal culture, and overcapacity. Keywords: guidance, lifc-imprisonment prisoners, correctional institution

Detail Informasi