Pengaruh Kemampuan Number Sense Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MAN Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Kemampuan Number Sense Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MAN Tarakan

Pengaruh Kemampuan Number Sense Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MAN Tarakan

Pengarang : Anindia Nadia Apsah Rini - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemampuan number sense terhadap hasil belajar matematika siswa di Kelas XI MAN Tarakan sehingga guru dapat merencanakan pembelajaran dari karakteristik number sense yang mereka miliki. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI di MAN Tarakan sedangkan pengambilam sampel menggunakan teknik stratified random sampling. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana dimana kemampuan number sense sebagai X dan hasil belajar matematika siswa sebagai Y. Dari hasil penelitian diperoleh model persamaan linier regresi sederhana ( Y) ̂ = 26,551 + 0,406X dimana jika kemampuan number sense siswa nol maka hasil belajar 26,551 sedangkan jika kemampuan number sense meningkat sebesar 1% maka hasil belajar siswa akan naik sebesar 0,406. Sedangkan dengan menggunakan R square diperoleh nilai sebesar 0,406 yang berarti bahwa besarnya pengaruh kemampuan number sense sekitar 40,6% terhadap hasil belajar matematika, artinya salah satu hal yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa adalah kemampuan number sense.

Kata Kunci: Number Sense, Regresi, Hasil Belajar Matematika

The purpose of this study was to determine the effect of number sense ability on students' mathematics learning outcomes in Class XI MAN Tarakan so that teachers can plan learning from the characteristics of their number sense. The population in this study was all class XI at MAN Tarakan while the sampling used the stratified random sampling technique. The technique used in this study was a simple linear regression analysis where the number sense ability was X and students' mathematics learning outcomes were Y. From the results of the study, a simple linear regression equation model was obtained (Y) ̂ = 26.551 + 0.406X where if the student's number sense ability is zero then the learning outcome is 26.551 while if the number sense ability increases by 1% then the student's learning outcome will increase by 0.406. While using R square, a value of 0.406 was obtained which means that the magnitude of the influence of number sense ability is around 40.6% on mathematics learning outcomes, meaning that one of the things that affects students' mathematics learning outcomes is number sense ability. Keywords: Number Sense, Regression, Mathematics Learning Outcomes

Detail Informasi