Pengaruh Penggunaan Media Game Asah Otak Dalam Layanan Informasi Untuk Mengembangkan Kemampuan Bernalar Kritis Siswa Kelas XII Di SMA Negeri 2 Nunukan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Penggunaan Media Game Asah Otak Dalam Layanan Informasi Untuk Mengembangkan Kemampuan Bernalar Kritis Siswa Kelas XII Di SMA Negeri 2 Nunukan

Pengaruh Penggunaan Media Game Asah Otak Dalam Layanan Informasi Untuk Mengembangkan Kemampuan Bernalar Kritis Siswa Kelas XII Di SMA Negeri 2 Nunukan

Pengarang : Mimy Limyn Jono - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Bernalar kritis merupakan kemampuan untuk menganalisis dan mengevaluasi informasi secara sistematis untuk membuat keputusan yang tepat dengan melibatkan kemampuan mempertanyakan asumsi dan bukti. Berdasarkan hasil observasi, bahwa kemampuan bernalar kritis siswa masih rendah. Hal ini disebabkan karena sebagian siswa masih mudah terpengaruh informasi yang tidak benar, masih sulit untuk menganalisis suatu permasalahan dan kurangnya untuk menerima kritikan dan masukan. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kemampuan bernalar kritis adalah pemberian layanan informasi dengan bantuan media game asah otak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media game asah otak dalam layanan informasi untuk mengembangkan kemampuan bernalar kritis siswa kelas XII di SMA Negeri 2 Nunukan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan pre-experiment one-group pretest-postest design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tentang bernalar kritis, sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial menggunakan uji paired sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian ini, perhitungan uji paired sample t-test dengan nilai sig (2-tiled) sebesar 0,000 < 0,05, maka H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai pretest 90,66 dan nilai posttest 130,94. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media game asah otak dalam layanan informasi untuk mengembangkan kemampuan bernalar kritis siswa kelas XII di SMA Negeri 2 Nunukan.

Kata Kunci: Game Asah Otak, Layanan Informasi, Bernalar Kritis

Critical reasoning refers to the ability to systematically analyze and evaluate information to make well-informed decisions, involving the questioning of assumptions and evidence Observations revealed that students' critical reasoning abilities were relatively low, as many were easily influenced by incorrect information, struggled to analyze problems, and lacked the ability to accept criticism. One strategy to enhance critical reasoning was through the use of a brain teaser game as media in information services. This study aimed to determine the effect of using brain teaser game media in information services to develop critical reasoning abilities among grade XII students at SMA Negeri 2 Nunukan. This study employed a quantitative approach using a pre-experimental one-group pretest- posttest design. A simple random sampling technique was used, with a total sample of 35 students. Data were collected through a critical reasoning questionnaire, and the results were analyzed using descriptive and inferential statistics, specifically the paired sample t-test. The analysis showed a significant difference in pretest and posttest scores, with the paired sample t-test yielding a significance value (2-tailed) of 0.000 < 0.05, leading to the rejection of Ho and acceptance of Ha. The pretest mean score was 90.66, while the posttest mean score was 130.94, indicating a substantial improvement. In conclusion, the use of brain teaser game media in information services had a positive effect on the development of critical reasoning abilities among grade XII students at SMA Negeri 2 Nunukan. Keywords: Brain Teaser Game, Information Services, Critical Reasoning

Detail Informasi