
Deskripsi Kemampuan Numerasi Siswa Kelas II-B Di SDN 008 Lingkas Ujung
Pengarang : Dharma Dina Puspa Rini - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Kemampuan numerasi adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan berbagai macam angka dan simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang memberikan informasi dalam format yang berbeda baik itu grafik, tabel, maupun bagan, kemudian menggunakan interpretasi hasil analisis untuk pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa kelas II-B di SDN 008 Lingkas Ujung. Jenis penlitian ini kualitatif. Teknik pengumpulan data tes, dan wawancara. Instrumen soal tes kemampuan numerasi berjumlah 3 soal uraian. Subjek penelitian 6 siswa masing masing 2 siswa tiap kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan subjek kategori tinggi T1 dan T2 menunjukkan ketiga indikator kemampuan numerasi yaitu mampu menggunakan berbagai macam angka atau simbol matematika yaitu melakukan perjumlahan dan pengurangan dengan tepat, mampu menyelesaikan soal dengan tepat dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari, mampu menganalisis informasi yang ditampilkan dalam bentuk tabel dengan membandingkan dan mengurutkan data sesuai informasi yang diberikan, dan mampu menafsirkan hasil analisis analisis dengan tepat. Subjek kategori sedang menunjukkan beberapa indikator kemampuan numerasi yaitu indikator pertama mampu menggunakan berbagai macam angka dan simbol matematika, selanjutnya pada indikator kedua S1 mampu menganalisis informasi yang ditampilkan dalam bentuk tabel, tetapi S2 hanya mampu menganalisis sebagian informasi yang ditampilkan pada tabel. Lalu pada indikator ketiga S1 dan S2 tidak mampu menafsirkan hasil analisis pada gambar. Subjek R1 dan R2 tidak mampu menunjukkan ketiga indikator numerasi, ini disebabkan karena subjek kurang memahami masalah yang terjadi pada soal dan pertanyaan yang diajukan, subjek kurang teliti dalam membaca soal, kurang mampu dalam menganalisis dan mengambil keputusan sehingga bingung dalam menentukan informasi penting yang dibutuhkan, kedua subjek juga masih mengalami kesulitan dalam membaca data dalam bentuk tabel dan gambar.
Kata Kunci: Kemampuan Numerasi, Siswa, Sekolah Dasar
Numeracy ability is the knowledge and skill to use various numbers and symbols related to basic mathematics to solve problems in everyday life that provide information in different formats, be it graphs, tables, or charts, and then use the interpretation of the analysis results for decision making. This study aimed to describe the numeracy ability of grade II-B students at SDN 008 Lingkas Ujung. This type of research was qualitative. Data collection techniques are tests and interviews. The numeracy ability test instrument consisted of 3 descriptive questions. The research subjects were 6 students, 2 students each in each category, namely high, medium, and low. The results of the study descibed that high-category subjects T1 and T2 showed three indicators of numeracy ability, namely being able to use various numbers or mathematical symbols, doing addition and subtraction correctly, being able to solve problems correctly in various contexts of daily life,being able to analyze information displayed in tabular form by comparing and sorting data according to the information provided, and being able to interpret the results of the analysis correctly. Medium category subjects showed several indicators of numeracy ability; namely, the first indicator was able to use various numbers and mathematical symbols, then in the second indicator, S1 was able to analyze information displayed in tabular form, but S2 was only able to analyze part of the information displayed in the table. Then, in the third indicator, S1 and S2 could not interpret the analysis results in the image. Subjects R1 and R2 were unable to show the three indicators of numeracy; this was because the subjects did not understand the problems that occurred in the questions and questions asked, the subjects were not careful in reading the questions, were less able to analyze and make decisions so that they were confused in determining the critical information needed. Both subjects also still had difficulty reading data in the form of tables and images. Keywords: Numeracy Ability, Students, Primary School