
Miskonsepsi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Aljabar
Pengarang : Eka Yulianti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui miskonsepsi yang terjadi pada siswa kelas VII SMP Islam Terpadu Ulul Albab Tarakan dalam menyelesaikan soal operasi hitung aljabar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari enam siswa yang mengalami miskonsepsi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah analisis dokumen dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan miskonsepsi yang terjadi antara lain miskonsepsi terjemahan, yaitu kesalahan dalam memahami maksud soal; miskonsepsi strategi, yaitu kesalahan membagi konstanta dengan koefisien pada variabel x serta memisahkan variabel dan kosntanta yang merupakan satu kesatuan; miskonsepsi konsep, yaitu siswa menganggap bahwa pangkat pada variabel x adalah milik koefisien, memahami nilai dari variabel x adalah satu, memahami koefisien pada variabel x dapat dikurangi dengan bilangan konstanta, serta miskonsepsi pada operasi perkalian aljabar; dan miskonsepsi hitung, yaitu memahami bahwa notasi negatif bukan merupakan satu kesatuan dengan konstanta sehingga terjadi kesalahan dalam operasi pengurangan.
Kata Kunci: Operasi Hitung Aljabar, Miskonsepsi
This study aimed to determine the misconceptions among seventh-grade Integrated Islamic Junior High School Ulul Albab Tarakan students in solving algebraic arithmetic problems. This research utilized case study research with a qualitative approach.The subjects in this study consisted of six students who experienced misconceptions. Data collection techniques in this study were document analysis and interviews. The results of this study indicated that the misconceptions that occurred included translation misconceptions, including errors in understanding the meaning of the problem; strategy misconceptions, including errors in dividing the constant with the coefficient on variable x and separating the variable and the constant which are one unit; concept misconceptions, namely students assume that the power in variable x belongs to the coefficient, understand the value of variable x is one, understand the coefficient in variable x can be reduced by a constant number, and misconceptions in algebraic multiplication operations; and calculation misconceptions, including understanding that negative notation is not a unit with a constant so that errors occur in subtraction operations. Keyword: Algebraic Calculation Operations, Misconception