Deskripsi Disiplin Belajar Siswa Kelas IV-A SDN 013 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Deskripsi Disiplin Belajar Siswa Kelas IV-A SDN 013 Tarakan

Deskripsi Disiplin Belajar Siswa Kelas IV-A SDN 013 Tarakan

Pengarang : Bjanter Cristian - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini di lakukan untuk mendeskripsikan disiplin belajar siswa di kelas IV-A SDN 013 Tarakan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini di fokuskan pada kedisiplinan belajar siswa, sumber data dalam penelitian ini mencakup data primer dan data sekunder dengan informan siswa kelas IV-A SDN 013 Tarakan, dan guru wali kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 3 kriteria disiplin belajar siswa kelas IV-A yaitu, sangat baik, baik dan kurang baik. Dan dilihat dari beberapa indikator yaitu tepat waktu, aktif belajar, mengerjakan PR, larangan siswa dan berpakaian. Subjek dengan kriteria sangat baik, dimana subjek ini sudah disiplin dalam hal tepat waktu untuk datang dan pulang sekolah, mengerjakan tugas dengan tepat waktu, aktif dalam hal bertanya maupun menjawab pertanyaan, belajar mandiri dan selalu mengerjakan tugas yang diberikan, kemudian selalu mengerjakan PR mengumpulkannya dengan tepat waktu, tidak menganggu teman pada saat jam pembelajran berlangsung dan selalu memakai seragam lengkap sesuai dengan jadwal yang ada. Lalu subjek dengan kriteria baik, dimana subjek ini kadang terlambat kesekolah, kadang lambat dalam mengerjakan tugas yang diberikan, kadang tidak mengerjakan PR yang diberikan, kadang ada yang selalu menganggu teman ketika jam pembelajaran berlangsung, dan kadang tidak memakai seragam sekolah lengkap. Kemudian subjek dengan kriteria kurang baik, dimana subjek ini sering tidak tepat waktu datang dan pulang sekolah, tidak aktif dalam hal bertanya maupun menjawab pertanyaan guru didalam kelas, tidak mengerjakan PR yang diberikan guru kemudian selalu mengganggu temannya pada saat jam pembelajaran berlangsung dan sering tidak memakai seragam sekolah lengkap serta tidak memakai seragam sekolah sesuai dengan jadwal yang ada.

Kata Kunci: Deskripsi, Disiplin Belajar, Siswa Kelas IV-A

This study aims to describe the students learning discipline of class IV-A at SDN 013 Tarakan. This study uses descriptive qualitative methods. This study focuses on student learning discipline, data sources include primary and secondary data with informants from students in class IV-A at SDN 013 Tarakan, and homeroom teachers. The data collection techniques used were interviews, observation, and documentation. The study results showed that there are 3 criteria for learning discipline of students in class IV-A: very good, good, and poor. Based on several indicators, on time, actively studying, doing homework, student prohibitions, and dressing. Subjects with very good criteria, where these subjects are disciplined in terms of being on time to come and go from school, doing assignments on time, being active in asking and answering questions, studying independently and always doing the assignments given, then always doing homework and hand it in on time, do not disturb friends during class hours and always wear complete uniforms based on the schedule. Then there are subjects with good criteria, where these subjects are sometimes late to school, sometimes they are slow in completing the assignments given, sometimes not doing the homework given, sometimes they always disturb their friends during class hours, and sometimes they do not wear a complete school uniform. Then there are subjects with poor criteria, where these subjects often do not come and go home from school on time, are not active in asking or answering the teacher's questions in class, should not do the homework given by the teacher, and then always disturb their friends during class hours and often do not use complete school uniform and not wearing school uniform based on the schedule. Keywords: Description, Learning Discipline, Students Class IV-A

Detail Informasi