Pengaruh Harga, Produk, Lokasi, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Coffee Shop Kopi Bekawan Di Kota Tarakan) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Harga, Produk, Lokasi, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Coffee Shop Kopi Bekawan Di Kota Tarakan)

Pengaruh Harga, Produk, Lokasi, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Coffee Shop Kopi Bekawan Di Kota Tarakan)

Pengarang : Andrian Ramadhan - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Setiap perusahaan yang berpartisipasi dalam persaingan akan mengalami peningkatan atau penurunan penjualan sebagai akibat dari persaingan yang ketat di setiap bidang bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk menganalisis pengaruh variable harga, produk, Lokasi, dan promosi secara parsial terhadap keputusan pembelian di Kopi Bekawan 2) Untuk menganalisis pengaruh variable harga, produk, Lokasi, dan promosi secara simultan terhadap keputusan pembelian di Kopi Bekawan. Penelitian dilaksanakan di coffee shop Kopi Bekawan sejak Maret 2024 sampai juli 2024. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini adalah teknik non-probability sampling. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Penentuan responden pada penelitian menggunakan kriteria minimal berumur 17 tahun dan pernah membeli di Kopi Bekawan ini berjumlah 100 responden. Hasil penelitian di analisis dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji simultan (uji F), uji parsial (uji t). Menghasilkan R¬2 66%. Dengan persamaan regresi linier berganda Y=-0,016 + 0,228X1 + 0,464X2 + 0,233X3 + 0,059X4 + e. Uji F menunjukkan harga, produk, lokasi, dan promosi berpengaruh signifikan secara simultan sebesar 0,000. Uji t menunjukkan harga dengan signifikan sebesar 0,019, produk dengan signifikan sebesar 0,000, lokasi dengan signifikan 0,012, dan promosi dengan signifikan 0,005.

Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Kopi Bekawan, Bidang Usaha

Every company that participates in competition will experience an increase or decrease in sales as a result of intense competition in each business area. This study aimed to 1) to partially analyze the influence of price, product, location, and promotion variables on purchase decisions at Kopi Bekawan. 2) to analyze the influence of price, product, location, and promotion variables simultaneously on purchase decisions at Kopi Bekawan. The study was carried out in Kopi Bekawan coffee shop from March 2024 to July 2024. The sample determination technique in this research is a non-probability sampling technique. The sampling method used is a purposive sampling technique. The determination of respondents in the study using the criteria of being at least 17 years old and having previously purchased at Kopi Bekawan amounted to 100 respondents. The study results were analyzed using validity tests, reliability tests, classical assumption tests, simultaneous tests (F test), and partial tests (t-test). Produces R2 66%. With multiple linear regression equations Y=-0,016 + 0,228X1 + 0,464X2 + 0,233X3 + 0,059X4 + e. The F test showed that price, product, location, and promotion have a significant effect simultaneously of 0.000. The t-test showed price with a significance of 0.019, product with a significance of 0.000, location with a significance of 0.012, and promotion with a significance of 0.005. Keywords: Purchase Decision, Kopi Bekawan, Business Area

Detail Informasi