Pengaruh Kecemasan Matematika Dan Efikasi Diri Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Kecemasan Matematika Dan Efikasi Diri Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Tarakan

Pengaruh Kecemasan Matematika Dan Efikasi Diri Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Tarakan

Pengarang : Nurfadilla - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Hasil belajar matematika siswa di SMA Negeri 2 Tarakan masih tergolong rendah berdasarkan hasil dokumentasi nilai uangan harian siswa. Hal ini dapat disebabkan karena beberapa faktor, di antaranya kecemasan matematika dan efikasi diri matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kecemasan matematika dan efikasi diri matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tarakan tahun ajaran 2023/2024 secara parsial dan simultan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto model kausal. Adapun sampel dalam penelitian ini terdiri dari 188 siswa dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling dan penentuan ukuran sampel menggunakan rumus slovin. Instrumen penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian berupa lembar angket kecemasan matematika dan efikasi diri matematika serta dokumentasi hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tarakan. Data penelitian yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial dengan bantuan jamovi. Hasil analisis data yang dilakukan secara parsial menunjukkan bahwa kecemasan matematika memiliki pengaruh yang negatif secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa dengan persamaan regresi linier yang diperoleh yaitu Y ̂=119,471-0,811X_1 selain itu, efikasi diri matematika juga memiliki pengaruh yang positif secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa dengan persamaan regresi linier yang diperoleh yaitu Y ̂=15,617+0,786X_2. Selanjutnya, hasil analisis data yang dilakukan secara simultan atau bersamaan oleh peneliti menunjukkan bahwa kecemasan matematika dan efikasi diri matematika memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 24,8% dengan persamaan regresi linier berganda yang diperoleh yaitu Y ̂=62,704-0,494X_1+0,551X_2. Berdasarkan hasil analisis dapat diperoleh kesimpulan bahwa kecemasan matematika dan efikasi diri matematika memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa baik secara parsial maupun simultan.

Kata Kunci: Efikasi Diri Matematika, Hasil Belajar, Kecemasan Matematika

The students’ mathematics achievement at SMA Negeri 2 Tarakan remains relativelt ow, as indicated by the documented results of their daily math tests. This issue can be attributed to severral factors, including mathematics anxiety and mathematics self-efficacy. This study ecamines the influence of mathematics anxiety and self-efficacy on the mathematics achievement of 11th-grade students at SMA Negeri 2 Tarakan for the 2023/2024 academic year, both partially and simultaneously. The research employed a quantitative ex post facto causal model. The sampel consisted of 188 students, selected through cluster random sampling, with the sampel size determined using the Slovin formula. The research instruments included questionnaires measuring mathematics anxiety and self-efficacy and documenting the student’s mathematics achievement. The collected data were analyzed using descriptive and inferential statistics with the help of Jamovi software. The partial analysis results showed that mathematics anxiety significantly negatively affected students’ mathematics achievement, with the obtained linear regression equation being Y ̂=119,471-0,811X_1. Additionally, mathematics self-efficacy significantly positively affected students’ mathematics achievement, with the linier regression equation being Y ̂=15,617+0,786X_2. Simultaneously, the analysis revealed that mathematics anxiety and mathematics self-efficacy had a significant combined effect on students’ achievement, accounting for 24.8% of the variance, with the multiple linear regression equation being Y ̂=62,704-0,494X_1+0,551X_2. Based on the analysis, it can be concluded that both mathematics anxiety and self-efficacy significantly influence students’ mathematics achievement, individually and collectively. Keywords: Academic Achievement, Mathematics Anxiety, Mathematics Self-Efficacy

Detail Informasi