Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik

Pengarang : Rara Amalina Qisthina - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan literasi sains siswa di SMA Hang Tuah Tarakan. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya tingkat literasi sains siswa yang disebabkan oleh kurangnya pengalaman dalam mengerjakan soal-soal yang menuntut penalaran mendalam. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode quasi eskperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah non-equivalent control group design dengan pretest-posttest. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Hang Tuah tarakan. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling, sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X-A dan X-C yang berjumlah 52 orang. Pengumpulan data literasi sains menggunakan instrumen tes berupa pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji prasyarat, uji N-Gain, dan uji hipotesis. Uji prasyarat penelitian terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan uji Independent Sampel T-Test. Hasil ujii Independent Sampel T-Test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dalam kemampuan literasi sains antara kedua kelompok, dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,020 < taraf signifikansi a = 0,05. Hal ini mengindikasikan bahwa penerapan model PjBL berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan literasi sains siswa.

Kata kunci: Project Based Learning, Literasi Sains

This study aimed to determine the effect of the application of Project-Based Learning (PjBL) model on students' science literacy skills at SMA Hang Tuah Tarakan. The study was motivated by the observed low levels of science literacy among students, attributed to a lack of exposure to tasks that require in-depth reasoning and critical thinking. Employing a quantitative approach with a quasi- experimental method, the study utilized a non-equivalent control group with a pretest-posttest design. The population consisted of all tenth-grade students at SMA Hang Tuah Tarakan, with purposive sampling used to select two groups: class X-A and class X-C, comprising a total of 52 students. Data on science literacy were collected through a multiple-choice test instrument. Data analysis included prerequisite testing (normality and homogeneity tests), hypothesis testing, and N- Gain testing to measure improvement. The hypothesis was tested using an Independent Sample T-Test, which revealed a significant difference in science literacy skills between the experimental and control groups, with a Sig. (2-tailed) value of 0.020, which was less than the significance level of a = 0.05. These findings demonstrated that the application of the PjBL model had a positive effect on enhancing students' science literacy skills. Keywords: Project-Based Learning, Science Literacy

Detail Informasi