Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Penyesuaian Diri Siswa Kelas VIII Di SMP Frater Don Bosco Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Penyesuaian Diri Siswa Kelas VIII Di SMP Frater Don Bosco Tarakan

Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Penyesuaian Diri Siswa Kelas VIII Di SMP Frater Don Bosco Tarakan

Pengarang : Heronima Lepan Lewar - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penyesuaian diri merupakan suatu proses yang dijalankan oleh individu untuk mengatasi dan memenuhi kebutuhan-kebutuhan, dengan tujuan mencapai keseimbangan yang ada dalam diri sendiri maupun dalam lingkungan sekitar. Berdasarkan observasi ditemukan, masih ada siswa yang mengalami penyesuaian diri yang kurang baik. Hal ini disebabkan karena sebagian siswa masih belum memiliki rasa percaya diri, belum tahu cara meraih prestasi di sekolah, kurang mampu menyalurkan bakat dan minat di sekolah, belum paham etika yang baik dalam pergaulan teman sebaya, sulit bergaul dengan teman-teman di sekolah, dan kurangnya hubungan yang baik dengan teman,guru di lingkungan seperti siswa sering berperilaku tidak sopan. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah penyesuaian diri adalah menerapkan layanan informasi. Layanan informasi dapat membantu peserta didik memahami, mencegah, dan menentukan arah tujuan yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan informasi terhadap penyesuaian diri siswa kelas VIII di SMP Frater Don Bosco Tarakan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan pre-experiment one-group pretest-postest design. Jenis pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh sebanyak 33 peserta didik kelas VIII. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket berupa skala likert tentang penyesuaian diri. Analisis data dengan statistik deskriptif dan inferensial menggunakan uji paired sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian ini, perhitungan uji paired sample t-test dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh layanan informasi terhadap penyesuaian diri siswa kelas VIII di SMP Frater Don Bosco Tarakan.

Kata Kunci: Layanan Informasi, Penyesuaian Diri

Self-adjustment is a process carried out by individuals to overcome and fulfill needs, intending to achieve balance within oneself and in the surrounding environment. Based on the observation, there are still students who experience poor self-adjustment. This is because some students still do not have self-confidence, do not know how to achieve at school, are less able to channel talents and interests at school, do not understand good ethics in peer relationships, have difficulty getting along with friends at school, and lack of good relationships with friends and teachers in the environment, such as students often behaving disrespectfully. Efforts that can be made to overcome self-adjustment problems are to apply information services. Information services can help students understand, prevent, and determine the direction of the desired goal. This study aimed to determine the effect of information services on the self-adjustment of grade VIII students at SMP Frater Don Bosco Tarakan. This type of research was quantitative with a pre-experiment, one-group pretest-postest design approach. The type of sampling in this study used a saturated sampling technique with as many as 33 students in class VIII. Data collection techniques in this study applied a questionnaire in the form of a Likert scale about self-adjustment. Data analysis with descriptive and inferential statistics used paired sample t-test. Based on the results of this study and the calculation of the paired sample t-test with a sig value (2-tailed) of 0.000 < 0.05, then Ho was rejected and Ha was accepted. So it can be concluded that there was an effect of information services on the self-adjustment of class VIII students at SMP Frater Don Bosco Tarakan. Keywords: Information Services, Self-Adjustment

Detail Informasi