Persepsi Guru Dan Siswa Terhadap Penerapan Strategi Penguatan Literasi Melalui Jurnal Membaca Pada Kurikulum Merdeka Belajar Di SMP Negeri 13 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Persepsi Guru Dan Siswa  Terhadap Penerapan Strategi Penguatan Literasi  Melalui Jurnal Membaca  Pada Kurikulum Merdeka Belajar Di SMP Negeri 13 Tarakan

Persepsi Guru Dan Siswa Terhadap Penerapan Strategi Penguatan Literasi Melalui Jurnal Membaca Pada Kurikulum Merdeka Belajar Di SMP Negeri 13 Tarakan

Pengarang : Muhammad Fachrul Hamdhany - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian yang dilakukan membahas mengenai persepsi guru dan siswa terhadap penerapan strategi literasi melalui jurnal membaca pada kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 13 Tarakan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi guru dan siswa terhadap penerapan strategi literasi melalui jurnal membaca. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif untuk memahami fenomena mengenai apa yang dialami oleh subjek yang diteliti dan menghasilkan data deskriptif berupa dokumen tulisan dan juga lisan yang didapatkan oleh peneliti melalui tahapan wawancara, observasi, dan pengisian instrument penelitian. Pada tahapan Teknik analisi data, peneliti menggunakan penyajian data yang bersumber dari guru dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru memiliki persepsi positif terhadap strategi ini, mengakui bahwa jurnal membaca membantu meningkatkan keterampilan literasi siswa dan memotivasi mereka untuk membaca lebih banyak. Namun, beberapa tantangan diidentifikasi, termasuk keterbatasan waktu dan sumber daya bagi guru. Siswa juga menunjukkan minat yang meningkat terhadap membaca dan merasakan bahwa jurnal membaca membantu mereka dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Mereka merasa lebih termotivasi dan terlibat dalam proses pembelajaran. Program ini juga berkontribusi pada peningkatan prestasi akademik siswa, serta mendukung pencapaian tujuan kurikulum.

Kata Kunci: Persepsi, Strategi, Literasi Membaca, Kurikulum Merdeka Belajar

The study discussed the perceptions of teachers and students regarding the implementation of literacy strategies through reading journals in the Merdeka Belajar curriculum at SMPN 13 Tarakan. The study aims to find out how teachers and students perceive the implementation of literacy strategies through readingjournals. This study uses qualitative research to understand the phenomenaexperienced by the subjects studied, it produces descriptive data in documents written and oral obtained by researchers through the stages of interviews,observations, and filling out research instruments. At the data analysis technique stage, the researcher uses data presentation that comes from teachers and students.The study results indicate that teachers have positive perceptions of this strategy,recognizing that reading journals help improve students' literacy skills and motivatethem to read more. However, several challenges were identified, including limitedtime and resources for teachers. Students also showed an increased interest inreading and felt that reading journals helped them develop critical thinking skills.They feel more motivated and involved in the learning process. This program also contributes to improving student academic achievement and supporting theachievement of curriculum goals. keywoards : Perception, Srategy, Reading Literacy, Merdeka Belajar Curriculum

Detail Informasi