
Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Konsumen Perum Bulog Kabupaten Berau
Pengarang : Rezaldi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Perum bulog sebagai perusahaan yang merupakan satu-satunya yang menyediakan dan menyalurkan beras untuk masyarakat miskin maka BULOG harus selalu tetap memperhatikan kualitas layanan beserta alur pendistribusiannya kepada konsumen. Dengan mengedepankan kualitas produk kualitas layanan dan saat pendistribusian beras, minyak, terigu, gula, dan daging akan menjadi lebih tepat sasaran dan sesuai dengan yang diharapkan oleh para konsumen yang nantinya dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan 1) Mendeskripsikan karakteristik konsumen Perum Bulog Kabupaten Berau. 2) Mengetahui apakah terdapat pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Perum Bulog Kabupaten Berau. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 responden. Pengumpulan data dengan metode puporsive sampling. Data dianalisis menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Hasial penelitian adalah (1) berdasarkan karakteristik PERUM BULOG: jenis kelamin perempuan sebanyak 73%, usia 30-39 tahun sebanyak 55%, pekerjaan ibu rumah tangga sebanyak 60%, dan berdasarkan patner konsumen PERUM BULOG adalah keluarga sebanyak 83% (2) pengaruh kualitas produk sebesar 0,837 dengan tingkat signifikan 0,05, pegaruh kualitas layanan sebesar 0,838 dengan tingkat signifikakan 0,05. Uji asumsi klasik memiliki nilai uji multe carlo sig sebesar (0,147), nilai uji multikolinieritas variabel kualitas produk (0,999), kualitas pelayanan (0,999). Berdasarkan uji f menunjukkan kepuasan konsumen signifikan (0,000).
Kata Kunci: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Konsumen
Perum Bulog is the only company that provides and distributes rice to the poor. BULOG must always pay attention to the quality of service and smooth distribution to consumers. By prioritizing product quality, service quality and the distribution of rice, oil, flour, sugar and meat will be more targeted and in line with what consumers expect, which in the end can increase consumer satisfaction. This research aims to 1) Describe the characteristics of consumers of Perum Bulog Berau Regency. 2) Find out whether there is an influence of product quality and service quality on consumer satisfaction at Perum Bulog, Berau Regency. The sample in this study consisted of 40 respondents. Data collection used a purposive sampling method. Data were analyzed using multiple linear regression analysis methods. The results of the research are (1) based on female gender it is 73%, based on age 30-39 years 55%, based on employment (IRT) it is 60%, and based on PERUM BULOG Family consumer partners it is 83% (2) the influence of product quality is 0.837 with a significance level of 0.05, the effect of service quality is 0.838 with a significance level of 0.05. The classical assumption test has a Monte Carlo sig test value of (0.147), a multicollinearity test value for product quality variables (0.999), and service quality (0.999). Based on the f test, it shows that consumer satisfaction is significant (0.000). Keywords: Product Quality, Service Quality, and Consumer Satisfaction