
Pengaruh Pelaksanaan Pengayaan Dan Remedial Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri 14 Tarakan
Pengarang : Risna Arfintiani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelaksaan pengayaan dan remedial terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VII SMP Negeri 14 Tarakan. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 90 orang siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling simple random sampling. Sampel data dalam penelitian ini berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan penyebaran angket. Berdasarkan analisis deskriptif nilai rata-rata pengayaan 81,50, remedial 80,90 dan hasil belajar Bahasa Indonesia 71,40. Berdasarkan analisis statistik inferensial diperoleh hasil uji hipotesis Berdasarkan analisis statistik inferensial diperoleh hasil uji T. Uji T adalah uji signifikasi yang dilakukan untuk menguji kebenaran atau kesalahan dari hasil hipotesis. Dengan hasil Thitung variabel X1 sebesar 4,503 dan Thitung variabel X2 sebesar 4,494 dengan nilai sig kedua variabel adalah X1 0,004 dan X2 0,00. Thitung X1= 4,503 > ttabel = 2,052 dan Thitung X2 = 4,494 > ttabel = 2,052. Dari analisis tersebut dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha dierima. Artinya adalah pelaksanaan pengayaan dan remedial berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 14 Tarakan.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Pengayaan, Remedial.
The study aimed to determine the effect of enrichment and remedial implementation on student learning outcomes in Indonesian Language learning of class VII at SMPN 14 Tarakan. This type of study uses survey research with a guantitative approach. The population was all class VII students totaling 90 students. Sampling in this study used a simple random sampling technigue. The data sample in this study consisted of 30 students. Data collection technigues include observation, interviews, and distributing guestionnaires. Based on descriptive analysis, the average value for enrichment was 81.50, remedial 80.90, and Indonesian language Iearning outcomes 71.40. Based on inferential statistical analysis hypothesis test “results were obtained. Based on inferential statistical analysis, the T-test results were obtained. The T-test is a significance test to test the truth or error of the ypothesis results. The result Teount variable X1 of 4.503 and Teount Variable X2 of 494 with the sig value of both variables being X1 0.004 and X2 0,00. Tcount X1- 1,503 » ttabie — 2,052 and Teount X2 — 4,494 2 table — 2.052. It can be concluded that Ho rejected and Ha accepted. This means that implementing enrichment and remedial influences the students' learning outcomes of class VII at SMPN 14 Tarakan. Keywords: Learning Outcomes, Enrichment, Remedial.