Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Anekdot Dengan Media Komik Strip Berbasis Digital Di Kelas X Listrik 1 SMK Negeri 2 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Anekdot Dengan Media Komik Strip Berbasis Digital Di Kelas X Listrik 1 SMK Negeri 2 Tarakan

Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Anekdot Dengan Media Komik Strip Berbasis Digital Di Kelas X Listrik 1 SMK Negeri 2 Tarakan

Pengarang : Sarah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menigkatkan kemampuan menulis teks anekdot menggunakan media komik strip berbasis digital pada siswa kelas X Listrik I SMK Negeri 2 Tarakan. Model pembelajaran digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dengan memanfaatkan media digital sebagai penunjang dalam memaksimalkan penggunaan serta pengaplikasian pembelajaran yang maksimal. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian tindak kelas yang melibatkan satu kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Listrik I. Hasil penelitian ini menunjukan untuk mengetahui keefektifan peningkatan kemampuan menulis teks anekdot dengan mengunakan media digital. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan media komik strip dapat meningkatkan kemampuan menulis teks anekdot pada siswa kelas X Listrik I SMK Negeri 2 Tarakan. Hal tersebut terbukti dari peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian yang dilaksanakn diperolah hasil belajar siklus I pada ketegori rendah dari 29 orang siswa, hanya 7 orang siswa (24,14%) yang mendapatkan nilai di atas KKM, sementara siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM atau tidak tuntas sebanyak 22 orang siswa (75,86%). Hasil belajar siswa pada siklus II dari 29 orang siswa, hanya 3 orang siswa (10,35%) yang mendapatkan nilai di bawah KKM atau tidak tuntas, dan siswa yang mendapatkan nilai KKM atau tuntas adalah 26 orang siswa (89,66%). Hasil analisis menunjukan penilaian mengalami peningkatan pada sikap siswa selama proses pembelajaran sesuai dengan hasil observasi siswa pada siklus I yang masih kurang, pada siklus II siswa sudah mampu dan memahami dengan baik menulis teks anekdot.

Kata kunci: Teks anekdot, kemampuan menulis, komik strip.

This study aims to enhance the ability of students in Class X Electrical I at SMK Negeri 2 Tarakan to write anecdotal texts using digital comic strip media. The learning model implemented is designed to improve students' writing skills by employing digital media as a supplementary tool, thereby maximizing the effectiveness and application of the learning process. This research is conducted as a classroom action study involving a single class. The subjects of the study are the students from Class X Electrical 1. The findings indicate the effectiveness of using digital media to improve the ability to write anecdotal texts. Specifically, the results demonstrate that integrating comic strip media significantly enhances students' writing skills. Evidence of this improvement is reflected in the student's learning outcomes. In the first cycle, among 29 students, only 7 students (24.14%) achieved scores above the minimum competency standard (KKM), while 22 students (75.86%) scored below KKM or did not pass. In the second cycle, out of 29 students, only 3 (10.35%) scored below KKM, while 26 (89.66%) met or exceeded the KKM. Additionally, the analysis reveals an improvement in student attitudes throughout the learning process, as indicated by observational data: in Cycle 1, students' performance was inadequate, whereas in Cycle II, students demonstrated a clear understanding and ability to write anecdotal texts effectively. Keywords: Anecdotal text, writing ability, comic strip.

Detail Informasi