Pengembangan Permainan Engklek Terhadap Dimensi Mandiri Siswa Di SMPN 13 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Permainan Engklek Terhadap Dimensi Mandiri Siswa Di SMPN 13 Tarakan

Pengembangan Permainan Engklek Terhadap Dimensi Mandiri Siswa Di SMPN 13 Tarakan

Pengarang : Nurfadillah HS - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kelayakan pengembangan permainan engklek terhadap dalam meningkatkan dimensi mandiri siswa di SMPN 13 Tarakan. Permainan engklek merupakan permainan tradisional lompat-lompatan pada bidang datar yang digambar diatas tanah, dengan membuat gambar kotak-kotak kemudian melompat dengan satu kaki dari kotak yang satu kekotak berikutnya. Terdapat manfaat dalam melakukan permainan tradisional engklek dapat melatih keseimbangan, kemandirian, kemampuan, gerak motorik, kreativitas, melatih kemampuan bersosialisasi dengan teman lain sebagainya, salah satu manfaat permainan engklek yaitu kemandirian yang terdapat didalam aturan profil pelajar pancasila. Penelitian pengembangan ini berdasarkan kurangnya pengetahuan siswa terhadap dimensi mandiri, dengan adanya permainan ini diharapkan dapat menjadi media untuk digunakan dalam layanan bimbingan dan konseling terutama di bimbingan kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pengembangan permainan engklek ini terhadap dimensi mandiri. Pengembangan permainan engklek ini menggunakan metode R&D atau penelitian dan pengembangan yang menghasilkan produk dengan menggunakan model ADDIE ( Analysis, Design, Development, Implementasi, Evaluasi ) . Adapun subjek pada penelitian ini yaitu ahli media, materi dan bahasa, 8 orang siswa dan 1 guru BK. Hasil dari ahli media diperoleh presentase sebesar 76% berada pada kategori layak, hasil dari ahli materi diperoleh presentase sebesar 86% berada pada kategori layak, dan hasil dari ahli bahasa diperoleh presentase sebesar 80% berada pada kategori layak. Kemudian uji coba respon dilakukan pada 8 orang siswa dan 1 guru BK dengan mendapatkan respon baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa permainan engklek terhadap dimensi mandiri siswa di SMPN 13 Tarakan memenuhi kriteria kelayakan untuk digunakan.

Kata Kunci: Permainan Engklek, Dimensi Mandiri

This study aims to determine the feasibility of developing the traditional engklek game in enhancing students' self-reliance dimension at SMPN 13 Tarakan. The engklek game is a conventional hopping game played on a flat surface, where players jump on one foot across squares drawn on the ground. Engklek offers several benefits, including improving balance, independence, motor skills, creativity, and social interaction with peers. One key benefit of engklek is fostering self-reliance, which is part of the Pancasila Student Profile dimension. This developmental research addresses the lack of students' awareness of the self-reliance dimension. The game is expected to serve as a medium in guidance and counseling services, particularly in group counseling. This research aimed to describe how the development of the engklek game contributes to the self-reliance dimension. The development process followed the Research and Development ( R&D ) methodology, producing a game based on the ADDIE model ( Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation ) . The research subjects included media experts, material, and language experts, along with eight students and one school counselor. The media expert evaluation resulted in a feasibility score of 76%, the material expert evaluation scored 86%, and the language expert evaluation scored 80%, all categorized as feasible. A trial with eight students and one school counselor received positive responses. Therefore, it can be concluded that the engklek game is feasible for use in enhancing the self-reliance dimension of students at SMPN 13 Tarakan. Keywords: Engklek Game, Self-Reliance Dimension

Detail Informasi