Pengembangan Media Puzzle Pancasila Dalam Pembelajaran Tema 1 Subtema 1 Mata Pelajaran PPKn Pada Siswa Kelas II SD Negeri 023 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Puzzle Pancasila Dalam Pembelajaran Tema 1 Subtema 1 Mata Pelajaran PPKn Pada Siswa Kelas II SD Negeri 023 Tarakan

Pengembangan Media Puzzle Pancasila Dalam Pembelajaran Tema 1 Subtema 1 Mata Pelajaran PPKn Pada Siswa Kelas II SD Negeri 023 Tarakan

Pengarang : Hadinah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Media pembelajaran yang dihasilkan berupa media pembelajaran puzzle Pancasila. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk media pembelajaran puzzle Pancasila yang layak dan menarik digunakan dalam pembelajaran. Metode penelitian dan pengembangan (Reserch and Development) dengan menggunakan pengembangan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis (Analisis) materi pada tema 1 subtema 1 pada mata pelajaran PPKn, Design (Desain) perencanaan untuk mengembangkan media pembelajaran puzzle Pancasila, Development (Pengembangan) adalah prototype puzzle Pancasila, Implementation (Implementasi) media diuji cobakan sebanyak dua kali yaitu uji coba terbatas dan uji coba lapangan yang dilakukan oleh siswa kelas II di SD Negeri 023 Tarakan, dan Evaluation (Evaluasi) setelah diuji coba terdapat masukan dari siswa melaui angket ketertarikan siswa pada saat uji coba terbatas yaitu puzzle pada media lumayan sulit untuk dibongkar, setelah direvisi dan diuji coba pada uji coba lapangan siswa merasa senang dan tertarik menggunakan media pembelajaran puzzle Pancasila. Hasil pengembangan media pembelajaran ini menunjukkan bahwa media pembelajaran puzzle Pancasila telah memenuhi syarat dan dianggap layak untuk digunakan dalam pembelajaran hal tersebut dapat dilihat dari hasil validasi oleh ahli media yang memperoleh 94%, sedangkan dari hasil validasi ahli materi diperoleh sebesar 92%, dan hasil validasi bahasa memperoleh 74%. Berdasarkan ahli media, media pembelajaran ini tergolong dalam kategori sangat layak sedangkan menurut ahli materi tergolong dalam kategori sangat layak dan menurut ahli bahasa tergolong layak. Hasil ketertarikan siswa pada uji coba terbatas sebesar 98% dan uji coba lapangan sebesar 98%. Hasil angket ketertarikan siswa pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan menunjukkan bahwa siswa sangat tertarik terhadap media pembelajaran puzzle Pancasila.

Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Model ADDIE, Media Puzzle Pancasila, Kelas II

This research aimed to develop a puzzle learning media product that is suitable and interesting to use in learning activities for the PPKN subject at Subtheme 1 of theme 1 This research employs the ADDIE model of research and development, which has five stages: Analysis of material on theme one subtheme 1 in Civics subjects, Design planning to develop Pancasila puzzle learning media, and Development of a Pancasila puzzle prototype, implementation (limited and field trials) and evaluation (students' interest through questionnaires) Students' interest during the trial could have been more extensive, and the puzzle was difficult to disassemble. After revised and tested in the field trial, students were attracted and interested in using the Pancasila puzzle learning media The developed learning media showed that the Pancasila puzzle learning media has met the requirements and is considered appropriate for learning activities Moreover, the validation results by media experts were classified in the proper category with a score of 94%, the material expert was categorized as very reasonable with a score of 92%, and the language expert scored 74% with the relevant category. The results of student interest in limited and field trials were all 98%, which shows that students were very interested in the Pancasila puzzle learning media. Keywords: Research and Development, ADDIE Model, Pancasila Puzzle Media

Detail Informasi