Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Bilangan Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas III A1 SDIT Ibnu Abbas Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Bilangan Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas III A1 SDIT Ibnu Abbas Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Bilangan Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas III A1 SDIT Ibnu Abbas Tarakan

Pengarang : Sofiyanti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika khususnya materi perkalian bilangan pada siswa Kelas III A1 SDIT Ibnu Abbas Tarakan diakibatkan oleh kurangnya penguasaan atau kemampuan memahami konsep, kemampuan berhitung serta ketelitian dalam menyelesaikan masalah perkalian. Pendekatan pendidikan matematika realistik memiliki peluang yang sangat besar untuk menangani permasalahan tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pendekatan pendidikan matematika realistik. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melibatkan 21 siswa kelas III A1 di SDIT Ibnu Abbas Tarakan sebagai subjek penelitian. Terdapat 2 siklus dalam pelaksanaan penelitian ini dengan tahapan-tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini menunjukkan persentase ketuntasan belajar matematika siswa untuk materi perkalian bilangan pada siklus I mencapai 80,95% dengan rata-rata nilai siswa yaitu 78,57 yang berada pada kategori baik. Selanjutnya pada siklus II, persentase ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan signifikan mencapai 100,00% dengan rata-rata nilai siswa yaitu 97,14 yang berada pada kategori sangat baik. Dengan demikian, pendekatan pendidikan matematika realistik mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III-AI SDIT Ibnu Abbas Tarakan pada materi perkalian.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendidikan Matematika Realistik, Perkalian

The low of learning outcomes in mathematics, especially the multiplication of numbers in students at Class III-A1 of SDIT Ibnu Abbas Tarakan are caused by a lack of mastery or ability to understand the concepts, numeracy skills and precision in solving multiplication problems. The realistic approach to mathematics education has a huge opportunity to deal with these problems. Therefore, this study aimed to improve the students’ mathematics learning outcomes by applying a realistic mathematics education approach. This research was carried out using the Classroom Action Research (PTK) method by involving 21 students of grade III-A1 at SDIT Ibnu Abbas Tarakan as the research subjects. There were 2 cycles in the implementation of this research with the stages of each cycle, namely planning, implementation, observation and reflection. This study showed that the percentage of students’ mathematics learning completeness for number multiplication material in the first cycle reached 80.95% with an average student score of 78.57 which was in good category. Furthermore, in cycle II, the percentage of student learning completeness experienced a significant increase reaching 100.00% with an average student score of 97.14 which was in very good category. Therefore, it can be concluded that the realistic mathematics education approach was able to improve the mathematics learning outcomes to students at class III-A1 SDIT Ibnu Abbas Tarakan in multiplication material. Keywords: Learning Outcomes, Realistic Mathematics Education, Multiplication

Detail Informasi