
Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Perkalian Kelas V-B Di SDN 045 Binalatung
Pengarang : Saulin - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan yang dilakukan siswa kelas V-B di SDN 045 Binalatung dalam menyelesaikan operasi hitung perkalian. Jenis penelitian yang digunakan ialah kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar tes soal operasi hitung perkalian bilangan bulat dan lembar pedoman wawancara. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 subjek yang dipilih secara random dari 25 siswa kelas V-B di SDN 045 Binalatung yang mengalami kesalahan berdasarkan penyelesaian masalah menggunakan prosedur Newman. Hasil penelitian menunjukan semua subjek memiliki kesalahan yang sama yaitu, pada tahapan (1) memahami, subjek tidak tahu apa ditanyakan pada soal. (2) transformasi, subjek tidak tahu operasi hitung yang digunakan untuk menyelesaikan soal. (3) keterampilan proses, subjek tidak mampu dalam mengoprasikan perkalian sehingga salah dalam perhitungan, dan (4) penulisan jawaban akhir, subjek tidak terbiasa untuk menuliskan jawaban akhir.
Kata Kunci: Kesalahan, Penyelesaian Soal Materi Operasi Hitung Perkalian
This study aimed to analyze the student errors made by class V-B at SDN 045 Binalatung in solving multiplication operations. The type of study used is descriptive qualitative. The instruments used to collect data were test sheets about the multiplication of integer calculation operations and interview guide sheets. The subjects in this study consisted of 3 subjects chosen randomly from 25 students in class V-B at SDN 045 Binalatung who experienced errors based on solving problems using the Newman procedure. The study results showed that all subjects had the same errors, they are at stage (1) understanding, the subject did not know what was asked in the question. (2) transformation, the subject does not know the arithmetic operations used to solve the problem. (3) process skills, the subject is unable to operate multiplication so he makes mistakes in calculations, and (4) writing the final answer, the subject is not used to writing the final answer. Keywords: Errors, Problem Solving for Multiplication Calculation Operations Material