An Analysis Of Students' Difficulties In Students Speaking At Tenth Graders Of SMA Muhammadiyah Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of An Analysis Of Students' Difficulties In Students Speaking At Tenth Graders Of SMA Muhammadiyah Tarakan

An Analysis Of Students' Difficulties In Students Speaking At Tenth Graders Of SMA Muhammadiyah Tarakan

Pengarang : Harisna - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan dan faktor penyebab kesulitan siswa dalam berbicara bahasa Inggris. Penelitian ini adalah descriptive qualitative dengan teknik pengambilan data purposive sampling, yaitu kelas X-B SMA Muhammadiyah Tarakan yang terdiri dari 37 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, kusioner, dan Interview. Peneliti menggunakan teori dari Miles and Huberman dalam menganalisis data dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan terdapat dua faktor penyebab kesulitan siswa yang terdiri dari faktor linguistic dan Nonlinguistic. Masalah linguistic meliputi kurangnya kosa kata, masalah pelafalan, kelancaran dan tata bahasa. Sedangkan masalah nonlinguistic yaitu kecemasan, kurang percaya diri, rasa malu, takut salah dan kurangnya motivasi. Dari hasil temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa masalah linguistic dan nonlinguistic yang paling dominan adalah kurangnya kosa kata dan kecemasan siswa dalam berbicara sehingga faktor tersebut yang paling mempengaruhi kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa.

Kata Kunci: Kesulitan, Bahasa Inggris, Berbicara

This study aimed to identify the difficulties and factors contributing to students' challenges in speaking English. This research adopted a descriptive qualitative approach with purposive sampling, focusing on the X-B class at SMA Muhammdiyah Tarakan, consisting of 37 students. The instruments used in this study include observation. questionnaires, and interviews. The researcher employed the Miles and Huberman framework for data analysis, which involves data collection, data reduction, data display, and conclusion drawing or verification. The findings revealed two primary factors contributing to students' difficulties: linguistic and non-linguistic factors. Linguistic issues include limited vocabulary, pronunciation problems, fluency and grammar. Non-linguistic issues encompass anxiety, lack of self-confidence, shyness, fear of making mistakes, and low motivation. Based on the research findings, it can be concluded that the most dominant factors influencing students' English-speaking abilities are limited vocabulary and anxiety. Keywords: Difficulties, English, Speaking.

Detail Informasi