Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Melalui Media Poster Pada Kelas VII SMP Negeri 9 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Melalui Media Poster Pada Kelas VII SMP Negeri 9 Tarakan

Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Melalui Media Poster Pada Kelas VII SMP Negeri 9 Tarakan

Pengarang : Maeka Rahmadani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemampuan menulis teks deskripsi melalui media poster pada siswa kelas VII di SMP Negeri 9 Tarakan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober sampai November 2017 di SMP Negeri 9 Tarakan. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Kelas (PK) yaitu penelitian yang menuntun peneliti untuk mengetahui kemampuan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII di SMP Negeri 9 Tarakan. Penelitian ini dilakukan pada dua kali pertemuan. Data hasil penelitian diperoleh dari tes belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan media poster untuk mengetahui kemampuan siswa dan hasil belajar siswa kelas VII-3, menunjukkan bahwa rata-rata siswa kelas VII-3 belum mampu menulis teks deskripsi dengan baik. Berdasarkan pencapaian yang diperoleh untuk aspek pertama mendapat nilai 38 dengan pencapaian aspek isi, untuk aspek kedua mendapat nilai 77 dengan pencapaian diksi, untuk aspek ketiga medapat nilai 81 dengan pencapaian aspek keefektifan kalimat, untuk aspek keempat mendapat nilai 66 dengan pencapaian ejaan dan tanda baca, dan untuk aspek kelima mendapat nilai 75 dengan pencapaian kohesi dan koherensi Berdasarkan nilai ketuntasan kemampuan menulis teks deskripsi yang memperoleh nilai dengan rentang 80-100 ada 0 siswa dengan persentase 0%, siswa yang memperoleh nilai dengan rentang 70-79 ada 6 siswa dengan persentase 19% dalam kategori baik, siswa yang memperoleh nilai dengan rentang 60-69 ada 10 siswa dengan persentase 32% dengan kategori cukup, siswa yang memperoleh nilai dengan rentang 40-59 ada 15 siswa dengan persentase 48% dengan kategori kurang, dan siswa yang memperoleh nilai dengan rentang 0-39 ada 0 siswa dengan persentase 0% dalam kategori gagal.

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi