
Penerapan Model Pembelajaran Interactive Demonstration Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X MA Hurrasul Aqidah Tarakan Pada Pembelajaran Lintas Minat Biologi
Pengarang : Oktavianingtyas - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penerapan model pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Interactive Demonstration pada kelas X MA Hurrasul Aqidah Tarakan, 2) Mengetahui respons siswa terhadap model pembelajaran Interactive Demonstration guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MA Hurrasul Aqidah Tarakan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah tes akhir siklus, lembar angket (kuesioner), lembar keterlaksaan model pembelajaran, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan menggunakan statistik deskriptif. Subjek pada penelitian ini yaitu berjumlah 13 siswa. Dari hasil analisis data yang dilakukan, maka hasil penelitian menunjukkan siklus I ketuntasan siswa mencapai 38,46%. Penyebab hal ini dikarenakan masih terdapat beberapa siswa yang kurang aktif selama proses pembelajaran, sehingga perlu dilakukan perbaikan dalam siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan hingga mencapai ketuntasan 100%. Respons siswa sangat baik terhadap penerapan model pembelajaran Interactive Demonstration.
Kata kunci : Hasil belajar, Model Pembelajaran, Interactive Demonstration
Implementing the correct learning model can increase the effectiveness of learning. This study aimed to 1) Improve student learning outcomes by implementing Interactive Demonstration learning models in class X MA Hurrasul Aqidah Tarakan, 2) Know students' responses to the Interactive Demonstration learning model to improve the students' learning outcomes of class X MA Hurrasul Aqidah Tarakan. The type of study was Classroom Action Research (CAR) with a qualitative approach. The data collection instruments used were end-of-cycle tests, questionnaires, learning model implementation sheets, and documentation. Data analysis used descriptive statistics. The subjects in this study were 13 students. The study results showed that student completion in cycle I reached 38.46%. It is because there are still some students who are less active during the learning process, so improvements need to be made in cycle II. Student learning outcomes in cycle II increased until they reached 100% completeness. Student responses were very good towards the application of the Interactive Demonstration Learning model. Keywords: Learning outcomes, Leaming Model, Interactive Demonstration.