Efektivitas Media Pembelajaran “Card-24” Terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Efektivitas Media Pembelajaran “Card-24” Terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan

Efektivitas Media Pembelajaran “Card-24” Terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan

Pengarang : Nurul Fadliani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media “Card-24” terhadap kemampuan berhitung siswa kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan. Penelitian ini menggunakan desain penelitain Quasi-Experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh sampel pada penelitian ini 56 siswa yaitu 27 siswa kelas VII-4 sebagai kelas eksperimen dan 29 siswa kelas VII-2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data kemampuan berhitung siswa menggunakan yaitu posttest yang masing-masing terdiri dari 10 soal uraian dengan soal yang berbeda. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media “Card-24” terhadap kemampuan berhitung siswa kelas VII di SMP Negeri 10 Tarakan, hal ini sesuai dengan hasil perhitungan uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai t_hitung:2,050> t_tabel:2,024 pada taraf signifikan 5%. Hasil ini diperkuat dengan nilai rata-rata hasil tes kemampuan berhitung siswa di kelas yaang menggunakan media “Card-24” lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil tes kemampuan berhitung yang menggunakan media LKPD. Dengan demikian disimpulkan bahwa media “Card-24” efektif terhadap kemampuan berhitung siswa kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan.

Kata Kunci: Media “Card-24”, Kemampuan Berhitung

This study aims to determine the effectiveness of "Card-24" media on the students’ numeracy skills of class VII at SMPN 10 Tarakan. This study uses a Quasi-Experimental research design. The population in this study were all class VII students of SMPN 10 Tarakan for the academic year 2023/2024. The sampling technique used was cluster random sampling techniques, so the sample optained in this study was 56 students, consisting of 27 students in class VII-4 as the experimental class and 29 students in class VII-2 as the control class. The collecting data on students’ numeracy skills using post-test, each consisting of 10 essay questions with different questions. Research data was analyzed usingg descriptive statistical analysis techniques and Independent Sample T-Test. The study results show that there is an influence of the “Card-24” media on the students’ numeracy skills of class VII at SMPN 10 Tarakan, this is following the results of test calculations Independent Sample T-Test value obtained t_count:2,050> t_table:2,024 at a significance level of 5%. This result is reinforced by the average score of students’ numeracy skills test results in classes that use the “Card-24” media was higher than the average result of a numeracy test using LKPD media. Thus, it is concluded that the “Card-24” media is effective in students’ numeracy skills of class VII at SMPN 10 Tarakan. Keywords: Card-24 Media, Numeracy Skills

Detail Informasi