
Studi Kerusakan Pada Perkerasan Jalan Menggunakan Metode Bina Marga Pada Ruas Jalan P. Aji Iskandar Kota Tarakan
Pengarang : Agustina Paulus - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Jalan P. Aji Iskandar merupakan jalan yang ada di Kota Tarakan yang sering digunakan oleh masyarakat setempat dalam beraktifitas, berkendaraan maupun berjalan kaki. Kondisi jalan yang terjadi pada ruas jalan tersebut ada beberapa jalan yang berlubang, retak dan bekas tambalan jalan dan kerusakan lainnya. Ruas jalan tersebut selalu dilalui kendaraan-kendaraan bermuatan berlebihan secara berulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kerusakan yang terjadi pada ruas jalan tersebut dan mengetahui nilai urutan prioritas untuk perbaikan. jalan tersebut. Metode yang digunakan adalah metode Bina Marga. Penelitian ini dilakukan sepanjang 3000 meter dengan lebar jalan 7 meter. Pengambilan data dilakukan dengan cara survei visual yaitu dengan mencatat jenis kerusakan serta dimensi kerusakan, juga melakukan survei kondisi LHR (Lalu Lintas Harian) untuk mendapatkan kondisi lalu lintas pada ruas jalan tersebut. Dari hasil ponelitian, jenis kerusakan yang terjadi pada ruas Jalan P. Aji Iskandar adalah kerusakan retak kulit buaya (161,84 m²), kerusakan retak memanjang (101,59 m), kenisakan retak melintang (15,70 m), kerusakan lubang (135,37 m²), kerusakan. tambalan (266,36 m²), kerusakan pelepasan butir (372,60 m²), dan kerusakan amblas (52,10 m²). Menurut metode Bina Marga, diperoleh Urutan Prioritas adalah 5 (urutan prioritas 4-6) termasuk dalam program pemeliharaan berkala.
Kata Kunci: Jenis kerusakan jalan, Metode Bina Marga, Perkerasan lentur
P. Aji Iskandar Road is located in Tarakan City and is frequently used by the local community for various activities, including driving and walking. The condition of this road segment exhibits several issues, such as potholes, cracks, patches, and other types of damage. This road is consistently traversed by vehicles carrying excessive loads repeatedly. This study aims to identify the types of damage occurring on this road segment and to determine the priority ranking for necessary repairs. The method employed is the Bina Marga method. This research was conducted over 3,000 meters with a road width of 7 meters. Data collection involved visual surveys to document the types of damage and their dimensions and traffic surveys (LHR Lalu Lintas Harian) to assess the traffic conditions on this road. The findings indicate that the types of damage on P. Aji Iskandar Road include alligator cracking (161.84 m²), longitudinal cracks (101.59 m), transverse cracks (15.70 m), potholes (135.37 m²), patching (266.36 m²), aggregate loss (372.60 m²), and subsidence (52.10 m²). According to the Bina Marga method, the priority ranking obtained is 5 (priority rank 4-6), which falls within the periodic maintenance program. Keywords: Types of Road Damage, Bina Marga Method, Flexible Pavement