
Studi Tingkat Kepuasan Pelayan Sisi Darat Bandar Udara Intenasional Juwata Tarakan
Pengarang : Yosua Tandu - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Bandara udara, atau sering disebut sebagai bandara atau pelabuhan udara, adalah terminal tempat dimana pesawat terbang lepas landas dan mendarat. Di Tarakan sendiri terdapat satu Bandar udara yaitu Bandar Udara Juwata (Bandara Juwata). Bandara Internasional Juwata Tarakan berperan sebagai bandara pengumpul sekunder yang melayani rute internasional. Maka dari itu peningkatan dan pengoptimalan pelayanan bandar udara Internasional Juwata Tarakan dibutukan. Dari permasalahan ini dilakukan penelitian untuk mengetahui tingkat kepuasan terhadap pelayanan dan fasilitas bandar udara internasional juwata tarakan. Studi tingkat pelayanan ini menggunakan metode Importance Performance Analysis(IPA), dengan atribut penelitian terdiri dari kinerja dan kepentingan. Data primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada para penumpang yang berada disekitar bandara dengan metode acak sederhana (simple random sampling). Jumlah responden ditentukan dengan rumus Yamane atau lebih umum dikenal sebagai rumus Slovin menggunakan data jumlah penumpang bulan November 2023 sampai April 2024, dan diperoleh sebanyak 100 responden. Hasil pada kuadran Nilai koordinat yang menjadi perpotongan sumbu X (kepuasan) dan sumbu Y (kepentingan) adalah (3.51, 4.46). Nilai ini merupakan rata-rata dari rata-rata tingkat kinerja dan kepentingan. Untuk hasil analisis menunjukan persepsi penumpang terhadap kriteria yang telah dianalisa secara keseluruhan. Pada variabel kinerja berada pada klasifikasi cukup puas dengan nilai rata-rata sebesar 3,51, sedangkan pada variabel kepentingan berada pada klasifikasi penting dengan rata-rata sebesar 4,46.
Kata kunci : Tingkat pelayanan, tingkat kepentingan, bandar udara, metode Importance Performance Analysis(IPA.)
An airport is a terminal where airplanes take off and land. In Tarakan, there is one airport, namely Juwata Airport. Juwata International Airport Tarakan acts as a secondary collector airport serving international routes. Therefore, the improvement and optimization of Juwata Tarakan International Airport services are needed. Research was conducted to determine the level of satisfaction with the services and facilities of Juwata Tarakan International Airport based on this problem. This service level study used the Importance Performance Analysis (IPA) method, with research attributes consisting of performance and importance. Primary data was obtained through questionnaires to passengers around the airport with a simple random sampling method. The Yamane formula determined the number of respondents more commonly known as the Slovin formula using data on the number of passengers from November 2023 to April 2024, and obtained as many as 100 respondents. Results in quadrant The coordinate value which was the intersection of the X-axis (satisfaction) and the Y-axis (importance) is (3.51, 4.46). This value was the average of the average level of performance and importance. The analysis results show passenger perceptions of the criteria that had been analyzed as a whole. The performance variable was in the classification of quite satisfied with an average value of 3.51, while the importance variable was in the important classification with an average of 4.46. Keywords: level of service, level of importance, airport, importance-performance analysis (IPA) method.