
Studi Perilaku Pengemudi Sepeda Motor Terhadap Penggunaan Fasilitas Parkir Di Lingkungan Kampus Universitas Borneo Tarakan
Pengarang : Erick Trio Fasidaran - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Pembangunan yang sedang gencar dibangun pemerintahan Kota Tarakan adalah pembangunan infrastruktur demi menunjang kegiatan masyarakat salahsatunya yaitu pembangunan tempat parkir kendaraan yang ada di Universitas Borneo Tarakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan ruang parkir mahasiswa di lingkungan kampus Universitas Borneo Tarakan dan mengetahui factor yang mempengaruhi kecenderungan mahasiswa tidak menggunakan lahan parkir yang tersedia. Untuk mengetahui ketersediaan dan factor kecenderungan penggunaan lahan parkir di Universitas Borneo Tarakan, dilakukan pengumpulan data yaitu data primer berupa data hasil kuisioner yang diperoleh dari pengguna lahan parkir di lokasi penelitian dan data sekunder yaitu kuisioner yang di sebarkan ke fakultas-fakultas terkait. Setelah didapatkan data-data tersebut diolah dengan analisis regresi linear berganda dan analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan SPSS 26. Berdasarkan hasil analisis didapatkan hasil ketersediaan lahan parkir dengan kapasitas yang kurang, tidak aman dan tidak nyaman, penanganan pelaporan kehilangan atribut kendaraan yang kurang maksimal dan jadwal perkuliahan yang mempengaruhi mahasiswa memarkirkan kendaraan di bahu jalan dengan sembarangan. Hasil dari analisis regresi linear berganda adalah sebesar 1.891%.
Kata Kunci : Lahan Parkir, Ketersediaan lahan parkir, Regresi Linear Berganda, SPSS 26.
The Tarakan Municipal Government is working hard to develop infrastructure tosupport community activities,including the construction of a car park at BorneoUniversity Tarakan. This study aims to determine the availability of studentparkingspaces in the campus environment of Borneo Tarakan University and the factorsthat influence the tendency of students not to use the available parking spaces. Todetermine the availability and trend factors of car park usage at Borneo TarakanUniversity,data collection was carried out, using primary data in the form ofquestionnaire data collected from car park users at the research site and secondarydata in the form of questionnaires distributed to relevant faculties. Multiple linearregression analysis and simple linear regression analysis were performed usingSPSS 26 after the data were obtained.According to the findings of the analysis,theavailability of parking spaces with insufficient capacity, unsafe and uncomfortableconditions, less-than-optimal handling of reporting loss of vehicle attributes, andlecture schedules all influenced students to park vehicles on the shoulder of the roadcarelessly. The results of the multiple linear regression analysis are 1.891%. Keywords: parking space, parking space availability, multiple linear regression,SPSS 26.