
The Use Of Audio Visual Media On Listening Comprehension Of Eighth Grade Students Of SMP N 11 Tarakan
Pengarang : Fitriyani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari keefektifan dari menggunakan media audio visual untuk meningkatkan pemahaman mendengarkan siswa kelas delapan di SMP N 11 Tarakan.
Penelitian ini berbentuk percobaan (Pra-eksperiment).Peneliti mencari perbedaan dari pencapaian siswa dikelas sebelum dan setelah diajarkan menggunakan media audio visual.Subjek penelitian ini adalah siswa di kelas 8.2 P. Diponegoro yang terdiri 27 siswa SMP N 11 Tarakan pada tahun pembelajaran 2017/2018.Instrumen yang digunakan berupa tes mendengarkan beupa pra tes dan pos tes.Disamping itu, peneliti menggunakan deskriptif analisis untuk menganalisis data dan SPSS 22.0 digunakan untuk analisis statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan skor rata-rata antara pretest dan posttest.Hal ini dibuktikan dengan hasil skor rata-rata siswa.Skor mereka adalah 54.96 di pretest dan 76.00 di posttest.Artinya, peningkatan nilai rata-rata siswa adalah 21.037.Dapat dilihat bahwa peningkatan nilai rata-rata siswa pada posttest lebih tinggi daripada pretest dan menunjukkan ada perbedaan yang signifikan dari nilai mendengarkan siswa antara pretest dan posttest. Hasil dari paired sample test menunjukkan bahwa t-test adalah 7.800 lebih tinggi dari t-tabel (2.056). Sehingga 7.800 > 2.056 jadi Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil lain dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dari percobaan menggunakan media audio visual dimana media ini mampu meningkatkan semangat belajar siswa, mengurangi kebosanan serta membantu siswa dalam menguasai kosa kata baru dalam proses pemahaman mendengarkan. Kemudian dapat disimpulkan bahwa media audio visual terbukti efektif meningkatkan pemahaman mendengarkan siswa kelas delapan di SMP N 11 Tarakan.
The aim of this research was to find the significant effect of audio visual media to improve listening comprehension in eighth grade of SMP N 11 Tarakan. This research was pre-experiment. In this research, the researcher tried to find out the differences before and after being taught using audio visual media. The subject of this research was students in 8.2 P. Diponegoro class which consisted of 27 students at SMP N 11 Tarakan in academic years of 2017/2018. The instrument was listening test that included pretest and posttest. Besides that, the researcher used descriptive analysis as the data analysis and SPSS 22.0 for analyzed the statistics. The research result showed that there was different mean score between pretest and posttest. It was proven by the result of the students’ mean score. They were 54.96 in pretest and 76.00 in the posttest. It means that the improvement of the students’ mean score was 21.037. It can be seen that the improvement of students’ mean score in the posttest was higher than pretest and it indicated that there was significant difference from students’ listening score between pretest and posttest. The result of paired sample test showed that t-test computation was 7.800 higher than ttable (2.056). So, 7.800 > 2.056 it means Ha was accepted and Ho was rejected. Another finding in this research, there was significant effect from the experiment using audio visual media, which the media can improve the eagerness of students to learn, decrease the boredom and help students to improve their vocabulary through listening comprehension. As the conclusion, audio visual media is effective to improve students’ listening comprehension in eight grade of SMP N 11 Tarakan by using audio visual media.