
An Error Analysis In Using Grammatical In Recount Text Written By Eight-Nine Graders Of SMPN 1 Tarakan In Academic Year Of 2017/2018
Pengarang : Emha Bintang - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk (1) mengidentifikasi dan mendeskripsikan tipe-tipe kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas delapan-sembilan SMPN 1 Tarakan di dalam recount text, (2) mengidentifikasi dan mendeskripsikan sumber kesalahan yang mempengaruhi siswa untuk melakukan kesalahan yang ditulisan dalam recount text. Subyek penelitian ini adalah 26 siswa ditahun pembelajaran 2017/2018. Dalam mengumpulkan data, peneliti meminta siswa untuk menulis recount text dengan topik yang telah diberikan. Peneliti juga mewawancara 6 siswa
untuk mendapatkan informasi mengenai kemungkinan penyebab kesalahan yang mempengaruhi mereka melakukan kesalahan. Hasil menunjukkan bahwa terdapat 687 kesalahan yang ditemukan pada tulisan siswa yang dianalisis dengan menggunakan Surface Strategy Taxonomy. Ditemukan 123 kesalahan penghilangan, 104 kesalahan penambahan, 453 kesalahan pembentukan dan 7 kesalahan penempatan. Sementara itu, menurut Comparative Analysis Taxonomy kesalahan-kesalahan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kesalahan perkembangan, kesalahan interlingual, kesalahan ambigu dan kesalahan lainnya. Maka ditemukan 178 kesalahan disebabkan oleh perkembangan, 13 kesalahan oleh interlingual, 26 kesalahan oleh ambigu dan 44 kesalahan oleh lainnya. Kesimpulannya, kesalahan-kesalahan gramatika terjadi pada tulisan siswa kerena kurangnya pemahaman mahasiwa mengenai grammar dan pengaruh struktur bahasa Indonesia dalam pembelajaran.
This research was conducted to (1) identify and describe the types of errors made by eight-nine graders of SMPN 1 Tarakan in recount text, (2) identify and describe the sources of errors that influenced the students to commit errors in their writing. The subject of this research was 26 students in academic year 2017/2018. In collecting the data, the researcher asked the students to write a recount text by the given topics. The researcher also interviewed 6 students to get information about the possible causes influenced them to commit error. The result showed that there were 687 errors found in the students’ writings, they were analyzed based on the Surface Strategy Taxonomy. There were found 123 errors of omissions, 104 errors of additions, 453 errors of misformations and 7 errors of misorderings. Meanwhile, according to Comparative Analysis Taxonomy those errors were influenced by some factors like developmental errors, interlingual errors, ambiguous errors and other errors. Thus, it also found that were 178 errors caused by developmental, 13 errors caused by interlingual, 26 errors caused by ambiguous and 44 errors caused by other. Briefly, the grammatical errors occurred in the students’ writings were caused by the lack comprehension of English grammar, the influence of the native language pattern (Indonesia) in the process of learning target language.