
Evaluasi Pelaksanaan Program “Kampus Mengajar” Pada Satuan Pendidikan Di Kota Tarakan
Pengarang : Margareta - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Kampus Mengajar (KM) merupakan bagian dari program MBKM yang didukung langsung oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Penelitian ini dilakukan di SDN 034 dan SDN 012 Tarakan, berdasarkan hasil observasi yang dilakukan ditemukan bahwa pelaksanaan KM di sekolah tersebut tidak hanya menimbulkan dampak positif tapi ada juga perspektif negative dari pihak sekolah. Mengingat pelaksanaan KM di sekolah masih banyak kendala, oleh karena itu dilakukan evaluasi. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui apa saja dampak dari pelaksanaan program tersebut terhadap peningkkatan kualitas Pendidikan di sekolah penugasan; dan 2) Untuk mengetahui apa saja solusi dan rekomendasi yang dapat diberikan untuk meningkatkan efektivitas program KM di sekolah penugasan. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif studi kasus dengan menggunakan metode evaluasi proses dan hasil. Teknik pengumpulan data adalah wawancara dengan instrumen pengumpulan data yaitu lembar wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan data reducation, data display, dan conclusion drawing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program KM di sekolah tersebut sudah sesuai dengan tujuan dari KM. membantu dalam meningkatkan pemerataan kualitas pendidikan di sekolah, mengasah jiwa kepemimpinan, soft skill, karakter dalam berinovasi dan berkolaborasi bersama guru serta memberikan inspirasi dan motivasi belajar bagi peserta didik. Solusi dalam penelitian adalah mahasiswa harus memiliki inisiatif dan keuletan selama penugasan di sekolah. Rekomendasi dalam penelitian adalah persiapkan kompetensi yaitu mampu menulis menggunakan EYD, kemampuan literasi dan numerasi harus dipersiapkan, disiplin, bersosialisasi dan kreatif dalam mengembangkan program.
Kata Kunci: Kampus Mengajar, Evaluasi, Pelaksanaan Program
Kampus Mengajar (KM) is part of the MBKM program under the support of the Ministry of Education and Culture. This research was conducted as SDN 034 and SDN 012 Tarakan. Based on the observations, it was discovered that implementing KM in these schools had a positive impact and negative perspectives from the school. Implementing KM in schools has many obstacles, resulting in the need for an evaluation. This study aimed to 1) find out the impacts of the program’s implementation on improving the quality of education in the assigned school and 2) find out what solutions and recommendations to increase the effectiveness of the KM program in the assigned schools. The type of research was a descriptive qualitative case study using the process and outcome evaluation method. The data collection technique was an interview, and the interview sheet and documentation were used as data collection instruments. Data analysis techniques used data reducation, data display, and conclusing drawing. The study results indicated that implementing the KM program in the school is to the objectives of KM. They assisted in inproving the innovating and collaborating with teachers and providing students inspiration and motivation to learn. Student must have initiative and tenacity during assignments as school. This study implied the need to prepare competencies, writing ability based on EYD, literacy and numeracy skills, discipline, interaction, and creativity in developing programs. Keywords: Kampus Mengajar, Evaluation, Implementation.