
Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Kelas IV MI Daud Kholifatullah
Pengarang : Ira Zulvia - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu aspek utama dalam pembelajaran matematika yang diperlukan oleh peserta didik. Gaya kognitif dibagi menjadi dua yaitu gaya kognitif field independent (FI) dan field dependent (FD). penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV MI Daud Kholifatullah berdasarkan gaya kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD). Jenis penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa Tes Group Embedded Figure Test (GEFT), tes kemampuan pemecahan masalah dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari 4 siswa berdasarkan hasil tes gaya kognitif, yaitu 2 siswa dengan gaya kognitif field independent, dan 2 siswa dengan gaya kognitif field dependent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara subjek dengan gaya kognitif FI dan subjek dengan gaya kognitif FD. Subjek dengan gaya kognitif FI disetiap soal mampu memenuhi indikator kemampuan pemecahan masalah menurut Polya dengan baik yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, namun ada satu indikator yang belum terpenuhi oleh subjek yaitu indikator memeriksa kembali. Subjek dengan gaya kognitif FD disetiap soal belum mampu memenuhi indikator kemampuan pemecahan masalah menurut Polya subjek FD belum mampu memahami masalah pada soal, belum mampu merencanakan penyelesaian, belum mampu melaksanakan rencana penyelesaian dan tidak mampu memeriksa kembali hasil perhitungan atau hasil akhir.
Kata Kunci: Kemampuan, Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif
Problem-solving ability is one of the main aspects of mathematics learning students need. Cognitive styles are divided into field-independent (FI) and field-dependent (FD). This study aimed to describe the mathematical problem-solving ability of grade IV MI Daud Kholifatullah students based on the field-independent (FI) and freld-dependent (FD) cognitive styles. The type of research used is descriptive qualitative. Data collection techniques include Group Embedded Figure Tests (GEFT), problem-solving ability tests and interviews. The study subjects consisted of 4 students based on the results of the cognitive style test: two students with field independent cognitive style and two students with field dependent cognitive style. The study results showed a difference in mathematical problem-solving ability between subjects with Fl and FD cognitive styles. Subjects with Fl cognitive style in each question can fulfil the problem-solving ability indicators according to Polya: understanding the problem, planning a solution, and implementing the solution plan. However, there is one indicator that the subject still needs to fulfil, namely the re-checking indicator. Subjects with FD cognitive style in each question have yet to be able to fulfil the problem-solving ability indicators. According to Polya, FD subjects have not been able to understand the problem in the question, have not been able to plan a solution, have not been able to implement the solution plan and have not been able to re-check the calculation results or final results. Keywords: Ability, Problem-Solving, Cognitive Style