
Hubungan Antara Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Frater Don Bosco Tarakan
Pengarang : Aprida - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Jenis penelitian ini adalah korelasional atau studi hubungan yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antar variabel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Frater Don Bosco Tarakan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah analisis regresi berganda dengan bantuan software SPSS 21 For windows. Hasil analisis deskriptif dari penelitian menunjukkan bahwa minat belajar berada pada kategori sedang yaitu sebesar 68,08%. Motivasi belajar berada pada kategori sedang yaitu sebesar 71,63%. Minat belajar dn motivasi belajar memiliki hubungan dengan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Frater Don Bosco Tarakan. Persamaan regresi menunjukkan Y=-3,937+0,311X1+ 0,501X2. Hasil analisis pengujian koefesien determinasi menunjukkan bahwa variabel minat belajar dan motivasi belajar memberikan konstribusi sebesesar 29,3% terhadap hasil belajar siswa.
This research is a correlational or association research that aimed to know the relationship between variables. The population in this research were all of students of class VIII IPA SMP Frater Don Bosco Tarakan. Data was collected using questionnaires and documentation. The data was analyzed using multiple regression analysis with SPSS 21 For Windows. The result showed that the interest of learning was in the middle category that was equal to 68,08%. motivation learning was also in the middle category which was 71,63%. There was a relationship the interest of learning and motivation learning with the learning outcomes of eight graders stude SMP Frater Don Bosco Tarakan. The regression showed that Y=-3,937+0,311X1 + 0,501X2. The coefficient of determination showed that the variables of the interest of learning and motivation learning contributed 11.7% on student learning outcomes.