
Desain User Interface Pada Kontrol Traffic Lights Menggunakan Programmable Logic Controller Pada Simpang Empat
Pengarang : Siti Nurholifah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Pada umumnya pengaturan lampu lalu lintas (traffic tights) saat ini menggunakan waktu yang tetap dimana lampu diatur agar bekerja secara bergantian pada waktu yang tetap, tanpa memperhatikan kondisi arus lalu lintas, misalnya pada simpang empat dari masing-masing arah jalan dibuat lamanya lampu hijau, kuning, merah dengan waktu yang sama. Dalam kondisi ini terdapat antrian panjang di satu sisi dan di sisi lain antrian sangat pendek, maka pengaturan durasi waktu yang sama rata ini akan menimbulkan waktu berhenti yang tidak perlu. Dalam penelitian ini menggunakan jenis metode eksperimental yang dikerjakan dengan tahap pengadaan, merangkai, dan pelaksanaan uji coba. Dengan menggunakan Programmable Logic Controller (PLC) dan User Interface (UI) sebagai pengontrolan dan monitoring sistem lampu lalu lintas di persimpangan jalan dengan tujuan untuk mendesain dan mensimulasikan sistem lampu lalu lintas pada jalur simpang empat secara manual menggunakan software GX-Developer dan software GT-Designer3. PLC digunakan sebagai pengontrolan otomatis kerja traffic lights yang mengatur waktu operasional traffic lights yang dapat merespon dan mengikuti semua perintah yang diberikan oleh sistem UI. Sehingga pengujian pengaturan pewaktuan lampu pada simpang empat dapat di setting langsung pada sistem UI dengan timer pada program traffic lights, timer hasil perhitungan, dan timer pada stopwatch memiliki perbedaan waktu relatif. Sehingga, didapatkan hasil real timer pada stopwatch pada lampu hijau simpang 1 selama 41,79 detik, lampu hijau simpang 2 selama 41,79 detik, lampu hijau simpang 3 selama 25,77 detik, dan lampu hijau simpang 4 selama 21,89 detik, dengan lampu kuning semua simpang 3 detik, dan lampu merah semua simpang hanya 1 detik sebagai waktu jeda antara lampu merah dan hijau pada simpang 1 ke simpang lainnya.
Currently, traffic light control generally uses fixed timing where the lights operate alternately at set intervals, without considering traffic flow conditions. This fixed timing can lead to long queues on one side and very short queues on the other, resulting in unnecessary stop times. This study employs an experimental method involving procurement, assembly, and testing stages. By using a Programmable Logic Controller (PLC) and User Interface (UI) for controlling and monitoring traffic light systems at road intersections, the aim of the study is to design and simulate the traffic light system at a four-way intersection manually using GX- Developer and GT-Designer3 software. Thus, the timing of traffic lights at the four- way intersection can be directly set in the UI system with timers in the traffic lights program, calculated timers, and stopwatch timers showing relative time differences. The results show that the real-time stopwatch durations for green lights were 41.79 seconds for intersection 1, 41.79 seconds for intersection 2, 25.77 seconds for intersection 3, and 21.89 seconds for intersection 4, with yellow lights for all intersections set at 3 seconds, and red lights for all intersections set at 1 second as the interval time between red and green lights from one intersection to another.