
Peran Literasi Keuangan, Perencanaan Keuangan Dan Budaya Keuangan Keluarga Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Guru Sekolah Menengah Atas (SMA) Malinau
Pengarang : Emi Dewi Murni - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran literasi keuangan, perencanaan keuangan dan budaya keuangan keluarga dalam meningkatkan kesejahteraan keuangan guru Sekolah Menengah Atas (SMA) Malinau. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling yang diperoleh sebanyak 80 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan SEM-PLS dengan aplikasi WarpPLS versi 7.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa literasi keuangan, perencanaan keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap kesejahteraan keuangan. Untuk budaya keuangan keluarga tidak berpenagruh terhadap kesejahteraan keuangan. Implikasi teoritis penelitian ini mendukung Behavioral Finance Theory dalam menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kesejahteraan keuangan.
Kata kunci: Literasi Keuangan, Perencanaan Keuangan, Budaya Keuangan Keluarga, Kesejahteraan Keuangan.
This study aims to determine the role of financial literacy, financial planning, and family financial culture in improving the financial welfare of High School teachers in Malinau. Sample selection using the purposive sampling method obtained 80 respondents. The data analysis technique in this research uses SEM-PLS applications in WarpPLS version 7.0. The study results show that financial literacy and financial planning have a significant positive effect on financial welfare. Family financial culture does not influence financial welfare. The theoretical implications of this research are supportive of Behavioral Finance Theory in explaining the factors that influence financial welfare. Keywords: Financial Literacy, Financial Planning, Family Financial Culture, Financial Welfare.