
Pengaruh Media Film Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII Di SMPN 1 Malinau Utara
Pengarang : Makdalena - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh media film terhadap kepercayaan diri siswa di SMPN 1 Malinau Utara. Media film merupakan salah satu metode yang dapat membantu siswa untuk lebih percaya diri. Kepercayaan diri merupakan atribut yang sangat penting pada diri seseorang dalam kehidupan bermasyarakat, dikarenakan dengan adanya kepercayaan diri seseorang mampu mengaktualisasi potensi dalam dirinya. Adapun 5 indikator dari kepercayaan diri yang positif yaitu Keyakinan akan kemampuan diri, Optimis, Objektif, Bertanggung Jawab, Rasional dan Realistis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan pendekatan pre-eksperimen desain one group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan adalah dengan menggunakan skala kepercayaan diri siswa. Populasi dalam penelitian sebanyak 149 siswa dengan sampel 10 siswa kelas VII di SMPN 1 Malinau Utara. Berdasarkan hasil uji hipotesis paired sampel t-test diketahui bahwa nilai paired sampel t-test diperoleh T_hitung -7.360, kemudian nilai asymp sig untuk uji dua arah sebesar 0,000 < 0,05. Maka dari itu H_α diterima dan H_0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh media film terhadap kepercayaan diri siswa. Berdasarkan keputusan uji satistik paired sampel t-test dan hasil analisi pretest dan posttest dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Media Film Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Di SMPN 1 Malinau Utara.
Kata Kunci: Media Film, Kepercayaan Diri, Bimbingan Kelompok
This study aims to investigate film media's influence on students' self-esteem atSMPN 1 North Malinau. Film media is one method that can assist students inenhancing their self-confidence. Self-esteem is a crucial attribute in anindividual's life within society, enabling them to actualize their potential.Thestudy identifies five positive indicators of self-esteem: belief in one's abilities, optimism, objectivity, responsibility, rationality, and realism. This researchemploys a quantitative approach with a pre-experimental design, specifically aone-group pretest-posttest design. The instrument used is a self-esteem scale forstudents. The population for this study consists of 149 students, with a sample of10 seventh-grade students from SMPN 1 North Malinau. The results showed thatthe hypothesis test using a paired sample t-test obtained a t-value of -7.360, withan asymptotic significance value for the two-tailed test of 0.000,which is lessthan 0.05. Therefore, Ha is accepted, and HO is rejected, indicating that filmmedia influences students' self-esteem. In conclusion, the statistical test results and the pretest and posttest data analysis suggest that film media significantly affects students' self-esteem at SMPN 1 North Malinau. Keywords: Film Media, Self-Esteem, Group Guidance