Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Kelas XI SMK Negeri 4 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Kelas XI SMK Negeri 4 Tarakan

Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Kelas XI SMK Negeri 4 Tarakan

Pengarang : Salmah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil analisis kemampuan berpikir kritis dalam penerapan pembelajaran matematis siswa kelas XI SMK Negeri 4 Tarakan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan dua siswa kelas XI SMK Negeri 4 Tarakan yang berinisial 01 dan 02. Berdasarkan hasil wawancara, kemampuan berpikir kritis matematis siswa dianalisis melalui lima aspek indikator yaitu Elementary Clarification, Basic Support, Inference, Advanced Clarification, dan Strategy and Tactics. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua siswa tersebut memiliki variasi kemampuan dalam setiap aspek tersebut. Pada aspek Elementary Clarification dan Basic Support, siswa 01 menunjukkan pemahaman yang lebih baik dibandingkan siswa 02. Namun, pada aspek Inference dan Advanced Clarification, kedua siswa menunjukkan kemampuan yang relatif seimbang. Sedangkan pada aspek Strategy and Tactics, siswa 02 menunjukkan kemampuan yang lebih tinggi dibandingkan siswa 01. Temuan ini memberikan gambaran tentang profil kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang dapat menjadi dasar untuk pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif.

Kata Kunci: Berfikir Kritis Matematis

This research is a type of qualitative research using the case study method. This research aims to describe the results of the analysis of critical thinking skills in the implementation of students’ mathematical learning for class XI at SMKN 4 Tarakan with the initials 01 and 02. Data collection was carried out through interview with two students in class XI at SMKN 4 Tarakan. Based on the interview results, students’ critical mathematical thinking abilities were analyzed through five indicator aspects, they are Elementary Clarification, Basic Support, Inference, Advanced Clarification, and Strategy and Tactics. The research results show that the two students have variations in ability in each of these aspects. In the Elementary Clarification and Basic Support aspects, student 01 showed better understanding than student 02. However, in the Inference and Advanced Clarification aspects, both students showed relatively balanced abilities. Meanwhile, in the Strategy and Tactics aspect, student 02 showed higher abilities than student 01. These findings provide an overview of the profile of students’ mathematical critical thinking abilities which can be the basis for developing more effective learning strategies. Keywords: Mathematical Critical Thinking

Detail Informasi