Survei Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri Sekota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Survei Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri Sekota Tarakan

Survei Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri Sekota Tarakan

Pengarang : Meldelin Beti Verpetua - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Kemandirian belajar perlu diberikan kepada peserta didik supaya mereka memiliki tanggung jawab dalam mengatur dan mendisiplinkan dirinya dan dalam mengembangkan kemampuan belajar atas kemauannya sendiri siswa yang memiliki kemandirian tinggi dapat dilihat dari beberapa indikator. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri di kota Tarakan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian survei serta pengumpulan data melalui angket. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 140 dari 1.525 populasi yang terdiri dari siswa kelas VIII. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri di kota Tarakan sebagian besar berada pada kategori rendah dengan jumlah responden sebanyak 73 (52%). Kemandirian belajar siswa dilihat dari beberapa indikator yaitu hakikat mandiri berada di kategori rendah dengan jumlah responden 93 (66%) , tujuan mandiri berada di kategori rendah dengan jumlah responden 96 (69%), etos kerja berada di kategori rendah dengan jumlah responden 91(65%), rasa ingin tahu berada di kategori tinggi dengan jumlah responden 72(51%), keberanian berada di kategori rendah dengan jumlah responden 69(49%), profesional berada di kategori tinggi dengan jumlah responden 58(41%), kesadaran belajar berada di kategori rendah dengan jumlah responden 76(54%), dan menjadi pembelajar sepanjang hayat berada di kategori tinggi dengan jumlah responden 77(55%).

Kata Kunci: Kemandirian, Belajar, Siswa

Learning independence needs to b given to students so that they have responsibilityin regulating and disciplining themselves as well as in developing learning abiltiesof their own accord. Students who have high independence can be recognized fromseveral indicators. The purpose of this study was to determine the eight graders'learning independence in public junior high schools in Tarakan city. This studyutilized quantitative methods with the type of survey research and data collectionthrough questionnaires. The sampling technique was carried out by randomsampling technique. The number of samples in this study were 140 out of 1.525population consisting of eight-grade students. The results showed that the eight-grade students' learning independence in public junior high schools in Tarakan citywas mostly in the low category with 73 (52%) respondents. Students' learingindependence was viewed from several indicators, namely the nature ofindependence was in the low category with 93 (66%) respondents, independentgoals were in the low category with 96 (69%) respondents, work ethic was in thelow category with 91 (65%) respondents, curiosity was in the high category with72 (51%) respondents, courage was in the low category with the number ofrespondents 69 (49%), professional was in the high category with the number ofrespondents 58 (41%), awareness of learning was in the low category with thenumber of respondents 76 (54%), and being a lifelong learner was in the highcategory with the number of respondents 77 (55%). Keywords: Independence, Learning, Students

Detail Informasi