
Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Literasi Sains Pada Materi Struktur Dan Fungsi Tumbuhan Untuk Kelas VIII MTSN Tarakan
Pengarang : Ifwatun Nur Afni Saputri - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa berbasis literasi sains pada materi struktur dan fungsi tumbuhan untuk kelas VIII MTsN Tarakan yang layak berdasarkan penilaian para ahli dan mengetahui respons siswa terhadap lembar kerja siswa berbasis literasi sains. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan desain penelitian model Borg and Gall. Adapun langkah-langkah model Borg and Gall yang digunakan pada penelitian ini yaitu dimulai dari penelitian dan pengumpulan data awal, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba produk awal dan revisi produk. Analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengembangan produk lembar kerja siswa berbasis literasi sains mendapatkan hasil validasi dari ahli media memperoleh presentase sebesar 84% dengan kriteria sangat layak, ahli materi memperoleh presentase sebesar 85% dengan kriteria sangat layak dan praktisi memperoleh presentase sebesar 87% dengan kriteria sangat layak. Penelitian uji coba produk dilakukan dengan uji coba terbatas dan jumlah sampel sebanyak 10 siswa kelas VIII MTsN Tarakan, Hasil respons siswa yang diperoleh rata-rata sebesar 91% dengan kriteria siswa sangat tertarik terhadap lembar kerja siswa berbasis literasi sains yang dikembangkan. Dari hasil yang diperoleh lembar kerja siswa berbasis literasi sains pada materi struktur dan fungsi tumbuhan sangat layak digunakan sebagai sumber belajar siswa.
Kata Kunci: Lembar kerja siswa, Literasi sains.
This study aimed to develop science literacy-based student worksheets on the structure and function of plants for grade VIII at MTsN Tarakan, ensuring their feasibility based on expert evaluations and understanding student responses to these woksheets. The type of research conducted was Research and Development (R&D) using the Borg and Gall model. The steps of the Borg and Gall model used in this research included initial research and data collection, planning, preliminary product development, initial product testing, and product revision. Data analysis employed both qualitative and quantitative descriptive approaches. The development results of the science literacy-based student worksheets received validation result from media experts with a percentage of 84%, categorized as very feasible; material experts with a percentage of 85%, categorized as highly feasible; and practitioners with a percentage of 87%, categorized as very feasible. The product testing was conducted through limited trials with a sample size of 10 students from grade VIII at MTsN Tarakan. The result of student responses averaged 91%, indicating that students were very interested in the developed science literacy-based student worksheets. Based on these result, the science literacy-based student worksheets on the structure and function of plants are highly suitable for use as a learning resource for students. Keywords: Student worksheets, Science literacy