
Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter Dalam Buku Siswa "Tema 7 Kebersamaan" Kelas II SDIT Ibnu Abbas Tarakan
Pengarang : Tasmawati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Pendidikan merupakan upaya yang mewadahi siswa secara lahir maupun batin untuk menjadi manusia yang lebih bijaksana, lebih baik, dan menjadikan pikirannya cemerlang. Namun demikian fakta menunjukkan bahwa perkembangan moral siswa tidak mencapai tingkat yang baik, karena perhatian siswa lebih tertuju pada penguasaan materi, dan kemampuan menjawab soal-soal formal yang diberikan oleh guru atau yang terdapat dalam buku pelajaran dibandingkan dengan pengimplementasian nilai-nilai karakter dalam buku. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa banyak muatan nilai karakter jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli sosial, santun, dan percaya diri dalam buku siswa tema7 Kebersamaan kelas II SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah teks cerita dalam buku kelas II SD Tema 7 Kebersamaan. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Hasil penelitian yang ditemukan berasal dari 12 teks cerita yang dianalisis dalam buku siswa tema 7 Kebersamaan kelas II SD sebanyak 38 kalimat, dengan rincian yaitu nilai jujur 7 kalimat, nilai disiplin 2 kalimat, nilai tanggung jawab 10 kalimat, nilai peduli sosial 6 kalimat, nilai santun 8 kalimat, dan nilai percaya diri 5 kalimat.
Kata Kunci: Analisis, Nilai-Nilai Karakter, Buku Siswa Kelas II
Education is an effort that accommodates students physically and mentally to become wiser, better people, and makes their minds bright. However, the facts show that students' moral development does not reach a good level, because students' attention is more focused on mastering the material, and the ability to answer formal questions given by the teacher or contained in textbooks compared to implementing the character values in the book. This research aims to find out how much the character values of honesty, discipline, responsibility, social care, politeness, and self-confidence are contained in student books on theme 7 Togetherness for Class II Elementary School. This type of research is qualitative research with descriptive analysis. The data source was the story text in the second-grade elementary school book Theme 7 Togetherness. Data was collected using documentation techniques. The research results found from 12 story texts which were analyzed in the student book theme 7 Togetherness for Class II Elementary Schools a total of 38 sentences, with details such as the value of honesty in 7 sentences, the value of discipline in 2sentences, the value of responsibility 10 sentences, the value of social care 6sentences, the value of polite 8 sentences, and the value of confident 5 sentences. Keywords: Analysis, Character Values, Class II Student Book